8 Fakta Genghis Khan, Pemimpin Mongolia Yang Pernah Membantai 40 Juta Manusia

8 Fakta Genghis Khan, Pemimpin Mongolia Yang Pernah Membantai 40 Juta Manusia

Genghis khan adalah pemimpin / penguasa Mongolia yang paling di takuti. dibawah masa kepemimpinannya mongolia menjadi kerajaan yang sangat besar dan luas di dunia. Ada banyak fakta menarik tentang Genghis Khan ini. Berikut ini 8 Fakta Genghis Khan yang mungkin belum kamu ketahui.



 1  Nama Aslinya Bukanlah Genghis Khan



Genghis Khan adalah suatu julukan yang diberikan saat ia menjadi pemimpin kekaisaran Mongolia. Nama aslinya adalah Temujin yang berarti "Pandai Besi". 

Nama Genghis Khan sendiri baru di dapatkan pada tahun 1206 saat ia menyatakan diri menjadi pemimpin kekaisaran Mongolia dalam pertemuan suku yang dikenal sebagai Kurultai.

 2  Masa Kecil yang Suram



Saat masih anak - anak Genghis Khan sudah terbiasa dengan kehidupan yang brutal. Ayahnya di racuni saat ia baru berumur 9 tahun.

Ia juga di usir dari desa tempat ia tinggal, terpaksa Genghis Khan harus berburu hewan untuk menyambung hidupnya. Genghis Khan dijadikan budak saat ia masih muda sebelum akhirnya melarikan diri.


 3  Balas Dendam yang Sangat Kejam



Balas dendam paling kejam dilakukan Genghis Khan ketika dia mengetahui rombongan pedagang yang dia kirim dibunuh secara brutal oleh Kerajaan Khwarezmia.

Mendengar berita itu, Genghis Khan langsung menyiapkan 100.000 pasukan untuk menyerang Kerajaan Khwarezmia. 

Tidak hanya itu Genghis Khan pun membunuh anggota kerajaan dengan menyiram perak panas di muka dan mulut mereka.


 4  Merayakan Kemenangan Dengan Kejam



Salah satu yang membuat lawannya takut  melawan Genghis Khan adalah karena caranya merayakan kemenangan begitu kejam. 

Seperti yang terjadi ketika pasukannya berhasil mengalahkan Rusia, mereka menghukum pasukan Rusia yang masih hidup dengan ditimpa gerbang kayu kerajaan hingga mati.

 5  Toleransi Tinggi



Memulai suatu kode etik atau mungkin lebih tepat disebut sebagai hukum atau undang-undang yang dinamakan Yassa . 

Isinya melarang hal-hal tabu seperti perzinaan, diambil dan ditangkap. Dan tidak seperti kerajaan lainnya, Khan adalah pemimpin yang dapat mentoleransi perbedaan. 

Sementara dia memberikan kebebasan pada penduduknya untuk menganut agama mereka sendiri dan menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing.


 6  40 Juta Nyawa Melayang



Di bawah komandonya, Khan dan pasukan Mongol membinasakan 11% dari partisipasi dunia yaitu sebanyak 40 juta orang! 

Angka ini memang didapat dari perkiraan para sejarawan karena tidak ada cara untuk mengetahui orang yang terbunuh selama penaklukan terjadi.

 7  90.000 Melawan 1.000.000 dan Menang




Ketika Genghis Khan melakukan invasi ke China, dia hanya membawa 90.000 pasukan. Saat itu, Dinasti Jin merupakan salah satu dinasti terbesar di China dan memiliki hampir satu juta lebih pasukan. 

Hebatnya pasukan Mongol yang hanya berjumlah 10% dari jumlah pasukan Dinasti Jin berhasil memukul mundur dan membunuh 500.000 lebih pasukan.

 8  Luas Wilayah



Daerah kekuasaan kaum Mongolia membentang seluas 12 juta meter persegi. 0,5% dari populasi pria masa kini adalah populasi langsung dari Khan, kira-kira sebanyak 16 juta pria.
Genghis Khan merupakan salah satu pemimpin dunia yang paling ditakuti karena kekejamannya. Kehebatan Genghis Khan memang sudah lama berlalu, namun cerita tentangnya selalu diketahui banyak orang.



Artikel Menarik lainnya

Post a Comment

1 Comments