Rabu, 18 Oktober 2017

Cara Mudah Membuat Watermark pada Gambar Posting Blog

Watermark merupakan sebuah tanda yang dibuat pada gambar atau video dengan tujuan untuk melindungi hak cipta dari pihak lain. Bentuk dari watermark ini bisa bermacam-macam ada yang berupa tulisan saja atau logo yang menunjukan identitas dari pencipta karya tersebut. Dengan adanya watermak ini pencipta karya dapat terlindungi hak ciptanya, sehingga tidak sembarangan orang bisa mengakui gambar atau video tersebut. 

Banyak software yang bisa kita gunakan untuk membuat watermark, mulai yang sederhana maupun profesional. Pada PC ataupun laptop yang terinstal OS windows, mungkin akan menemukan software Windows Paint. Dengan software tersebut kita bisa membuat watermark sederhana, akan tetapi tidak terlihat murahan. Berikut tahapan-tahapan untuk membuat watermark dengan Windows Paint yang harus sobat coba :

1. Klikanan gambar yang akan diberikan watermark. Pilih Open With,kemudian pilih Paint


2. Klik Text (logo huruf A), arahkan mause ke sisi gambar yang diinginkan lalu tuliskan teks watermark. Kemudian silakan sobat atur-atur warna, ukuran dan tipe font dari teks watermark tersebut.


3. Apabila sobat ingin menambahkan background watermark. Silakan klik Rectangle Tool untuk membuat background kotak, kemudian klik Text untuk menambahkan tulisan pada background tersebut. 


4. Kemudian apabila sobat ingin menggunakan logo khusus (format JPG). Silakan sobat klik Paste, pilih Paste from, kemudian pilih logo khusus yang sudah sobat siapkan. Kemudian tempatkan logo tersebut diposisi pojok kiri atau kanan gambar yang akan diwatermark.


Sekian tips sederhana yang bisa penulis berikan. Semoga bermanfaat

Happy fun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts