Rabu, 16 Agustus 2017

Cara Mudah Melakukan Instal Ulang atau Flash HP Android yang Bootloop

 Android merupakan salah satu sistem operasi yang sedang popular pada saat ini. Hampir seluruh smartphone yang dikembangkan dan diluncurkan menggunakan sistem operasi android ini. Banyak kelebihan yang ditawarkan Google bagi pengguna atau depelover pembuat aplikasi. Karena dasarnya OS Android ini Open source, sehingga mudah untuk dikembangkan & dimodifikasi oleh para developer handset & penghobi oprek sistem operasi.

Banyak pengguna smartphone android melakukan oprek pada sistem operasi ini. Karena kurangnya pemahaman tentang sistem operasi itu sendiri, sehingga menyebabkan smartphone itu sendiri mengalami masalah bootloop. Ketika smartphone mengalami bootloop, maka perangkat tersebut akan terus berputar-putar di boot screen dan tidak bisa masuk ke sistem.Hasilnya, perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan kembali.

Penulis sendiri megalami dua kali bootloop pada smartphone android, dimana HP hanya menampilkan logo perusahaan dan tidak melakukan start up (hang) masuk ke sistem operasi. Pada dasarnya tidak ada kesalahan pada hardware perangkat itu sendiri. Karena ketika perangkat dilakukan charging, muncul indikator pengisian daya. Untuk mengatasi masalah tersebut, perangkat tersebut harus dilakukan instal ulang atau flash. Sehingga perangkat bisa masuk ke sistem operasi dan dapat digunakan kembali.

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum melakukan flash HP Android :

  1. SP Flash tools -->  Download
  2. USB VCOM drivers --> Download
  3. Stock ROM / Firmware --> Download (untuk HP Android Evercoss A26B)
Cara melakukan Flash HP Android dengan SP Flash Tools :
  1. Instal USB VCOM drivers pada PC. Silakan sobat coba sambungkan HP ke PC dengan kabel USB. Jika muncul MTK, maka driver berhasil diinstal. Cabut kembali kabel USB yang tersambung ke PC.
  2. Extract Stock ROM / Firmware yang sesuai dengan HP android sobat
  3. Buka aplikasi SP Flash Tools. Klik Scatter-Loading, lalu cari file stock ROM / Firmware yang sudah sobat extract. Selanjutnya Klik Download.
  4. Silakan sobat sambungkan HP ke PC dengan kabel USB, selanjutnya tekan tombol volume Up atau Down (tergantung HP masing-masing).
  5. Akan berjalan proses flashing dengan muncul warna abu-abu dan kuning. Silakan sobat tunggu sampai selesai dan muncul linkaran hijau bertuliskan OK.




        6. Lepaskan sambungan kabel USB dari HP ke PC, dan coba hidupkan HP sobat.           
            Seharusnya HP sobat sudah berjalan normal kembali.

Semoga bermanfaat

Happy Fun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts