Sabtu, 15 Juli 2017

Internet Download Manager (IDM) : software untuk Mempercepat Download File


Kecepatan dalam mendownload file adalah prioritas utama bagi penikmat internet. Banyak faktor yang memepengaruhi kecepatan dalam mendownload file, yaitu jaringan internet, spesifikasi PC dan software pendukung yang digunakan.

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips software yang dapat mendukung kecepatan dalam mendownload file. Banyak software yang dapat mendukung kecepatan downloadan file, salah satunya Internet Download Manager (IDM). IDM memiliki beberapa keunggulan, yaitu ukuran software ringan, memiliki kesetabilan dalam memproses fiel downloadan, memiliki kemampuan untuk melanjutkan kembali file downloadan yang terputus, dan dapat meningkatkan akselerasi ketika download file dengan mempartisi kecepatan download.



Diatas adalah tampilan IDM ketika penulis mendownload file dengan menggunakan jaringan operator. Bagaimana sobat tertarik untuk mencobanya ?. Silakan download softwarenya, apabila sobat tertarik.

Berikut langkah-langkah untuk menginstal IDM
  • Matikan terlebih dulu antivirus PC sobat (mode off)
  • Extract file donwloadan IDM
  • Instal softwareIDM, tunggu sampai proses instal selesai. Apabila sudah selesai jangan langsung buka software IDM 
  • Silakan sobat copy file IDM.v6.xx.release.3-patch.exe. Pastekan file tadi ke C:\Program Files\Internet Download Manager
  • Silakan sobat buka file IDM.v6.xx.release.3-patch.exe. lalu klik Patch
  • Muncul kolom Fname, silakan sobat bebas isi apa saja. Lalu klik Ok. Maka sobat sudah memiliki software IDM permanen(free). Apabila nanti mucul update-an IDM, sobat abaikan saja.

Apabila Software IDM yang digunakan tidak terintegrasi langsung pada browser seperti Google Chrome. Sobat bisa menggunakan cara seperti penulis lakukan :
  • Ketika proses download sedang berjalan pada browser, silakan sobat lihat proses downloadan dengan cara klik Downloads pada pojok kanan atas browser Google Chrome 
  • Silakan sobat pause atau cancel file donwload yang sedang berjalan. Lalu klik kanan pada link downloadan file tersebut. Pilih Open link in incognito window
  • Kemudian sobat buka software IDM, pilih Add URL. Maka secara otomatis link file downloadan anda sudah tercopy, silakan sobat klik Ok. Proses download file akan berjalan.


Selamat mencoba

Happy Fun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts