Jumat, 14 Juli 2017

Cara Menggabungkan dan Memecah File Video dengan HJ-Split

Menggabungkan dan memecahkan file video bagi pemula seperti penulis, mungkin masih tabu. Karena sekarang ini banyak penyedia situs download video sengaja memecah file-nya menjadi beberapa file untuk mempermudah proses upload. Sedangkan untuk penikmat video akan terbantu, dimana mempermudah pada saat proses download. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana file tersebut bisa dipecah menjadi beberapa file serta digabungkan kembali menjadi satu file.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan cara menggabungkan dan memecah file video dengan software gratisan, yaitu HJ-Split. Sebenarnya ada banyak software yang bisa memecah atau menggabungkan file, contohnya Winrar. Selain ringan pada PC, HJ-Split merupakan software yang dapat mendukung beberapa jenis file seperti file ISO, EXE, APK, dan video (MKV, AVI, MP4, MWV, dan 3GP). Berikut adalah tahap-tahap untuk menggabungkan dan memecah File dengan HJ-Split.

Sebelum memulai tahapan ini, silakan sobat download software HJ-Split, pada link dibawah ini


Menggabungkan File Video dengan HJ-Split
  • Sebelum sobat menggabungkan file, pastikan file yang berekstensi .001 dan seterusnya mempunyai nama yang sama dan berada dalam satu folder
  • Buka software HJ-Split, lalu pilih Join
  • Klik pada kolom Input File, kemudian cari file video yang berekstensi .001. Pilih Output, apabila sobat ingin merubah tempat penyimpanan hasil filenya.


Note : HJ-Split hanya menampilkan satu file dengan ekstensi 001, sedangkan file lainnya (002, 003, dst) akan terdeteksi secara otomatis.
  • Lalu klik Star dan tunggu proses penggabungan filenya sampai selesai

Memecah File Video dengan HJ-Split
  • Buka software HJ-Split, lalu pilih Split
  • Klik pada kolom Input File, kemudian cari file video yang akan dipecah. Silakan anda rubah ukuran hasil file split pada kolom Split file size (Mb). Kolom Output untuk menentukan tempat hasil file yang sudah dipecah.
  • Setelah itu, silakan klik Start. Dan silakan sobat tunggu prosesnya
  • Coba cek hasilnya, apakah file tadi sudah terpecah menjadi beberapa file

Selamat mencoba

Happy Fun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts