Latest News

Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)

Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A) - Hallo sahabat tambah wawasan .com, kali ini admin tambah wawasan akan membagikan tutorial yang berjudul " Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A) ", saya telah menyediakan beberapa cara atau langkah-langkah "Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A) yang sudah admin coba sendiri. mudah-mudahan isi postingan Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A) yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia tutorialnya.

Judul Artikel : Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)
Link Artikel : Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)

Lihat Juga Artikel yang terkait dibawah ini :


Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)

http://pemerogaman.blogspot.com/
ini adalah kelanjutan dari Contoh penulisan daftar isi dan BAB 1 untuk T.A agar anda tidak kesusahan dalam menghadapi Tuga Akir ini sengaja saya Upload/share agar kita sesama mahasiswa bisa saling membatu dan bertukar fikiran. ini adalah BAB2 dab BAB3 dan semoga bermanfaat ya teman-teman :
 













BAB II
LANDASAN TEORI


2.1         Toko Tenun Online Berbasis web
Toko tenun online berbasis webatau yang sering disebut sebagai web toko online"E-commers" adalah sebuah toko online yang bergerak dibidang promosi dan penjualan secara online. Web Toko Online ini menyediakan informasi sebuah produk ungulan dari beberapa pengusaha tenun yang sengaja diberitahukan dan dijual kepada para pecinta kain tenun kain tenun ini. Web toko tenunonline juga bermanfaat dalam menilai relevansi para penjual kain tenun, informasi produkkain tenun bagi pembeli, dan memudahkannya dalam bertransaksi.
Web toko onlineadalah untuk mendeskripsikan: (1) profil pedagan, (2) cara bertransaksi,(3) proses pembelian(4) kirim pesan.
Web toko onlinediharapkan dapat menjadi dasar pijakan dalam menyusun rencana strategis sebagai upaya melakukan perbaikan dan pengembangan pengelolaan penjualan produk kain tenun.agar dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

2.2         Metode Pendekatan Sistem
Metode pendekatan system yang dilakukan adalah metode berorientasi objek data. Alat atau notasi yang digunakan adalah Fowchart, diagram konteks (contex diagram), DFD (Data Flow Diagram), relasi table dan ERD (Entity Relationship Diagram).

2.2.1     Flowchart
Flowchart (Jogiyanto,1990) adalah tabel keputusan dengan jalur terpisah melalui sebuah aliran data yang mampu menampilkan aturan keputusan. Flowchart digunakan sebagai alat memudahkan dalam menelusuri proses yang terjadi dalam suatu sistem. Pada diagram tersebut dapat digambarkan lairan proses yang terjadi dengan data dan pihak-pihak yang terkait dengan sistem
Tabel 2.Simbol Flowchart
SIMBOL
KETERANGAN
Gambar Persegi Panjang menunjukan mekanisme perekam, proses dan laporan
Gambar Kombinasi segitiga dan segi empat menunjukan fungsi pemasukan data atau Kei-in
Gambar kombinasi garis lengkung menunjukan file referensi, file master, ataupun file temporer yang digunakan dalam proses.
Gambar kombinasi persegi panjang dan garis lengkung menunjukan dokumentasi masukan (formulir) dan dokumentasi keluaran (laporan)
Gambar belah ketupat menunjukan mengambil keputusan
Gambar jajaran genjang menunjukan data dan persyaratan yang diberikan.
Gambar berbentuk kapsul menunjukan waktu mulai (start) , berakhir (end) atau berhenti.
Gambar trapesium menunjukkan operasi manual
2.2.2     Data Flow Diagram
(Jogiyanto,1990) Data Flow Diagram (Diagram Alir Data) adalah representasi dari aliran data dalam sebuah sistem informasi. Menurut Yourdan dan DeMarco penggambaran DFD dapat dilihat dalam tabel berikut :
Tabel 2.2 Simbol DFD
SIMBOL
NAMASIMBOL
KETERANGAN
Entitas
Menunjukan bagian luar dari sistem yang mempunyai hubungan dengan sistem
Proses
Menunjukan proses data atau informasi yang terjadi dalam sistem
Alur Data
Menunjukan aliran data
File
Menunjukan data Source

2.2.3     Entity Relationship Diagram
(Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., MM, 2002) Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan peralatan pembuatan model data yang paling fleksibel, sehingga dapat diadaptasi untuk berbagai pendekatan yang mungkin diikuti suatu organisasi dalam pengembangan sistem. Entity Relationship Diagram (ERD) mendokumentasikan data organisasi dengan mengidentifikasi jenis entitas dan hubungannya. Jenis entitas dapat berupa suatu elemen lingkungan, sumber daya atau transaksi. Sedang hubungan adalah suatu asosiasi yang ada antara dua jenis entitas.

2.3      Pengertian Toko Online
Toko berasal dari bahasa Indonesia yang artinya tempat menjual dan Online yang berarti secara tidak langsung ke took tersebut. Jadi web toko online sebuah aplikkasi tempat untuk menjual sebuah produk yang bias di akses secara elektronik tanpa harus ke tempat penjual tersebut.
2.4         Pengertian Kain Tenun
Sebuah kerajinan tentang kain yang memiliki seni tersendiri dan memiliki motif yang unik dan indah. Kain tenun itu memiliki ciri khas masing masing, biasanya ciri khas tersebut tergantung dari mana daerah para pengerajin kain tenun itu sendiri.
2.5         Basis Data
Basis data adalah kumpulan data (elementer), yang secara logik berkaitan dalam merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada sistem tertentu. Manajemen Sistem Basis Data (Database Management System-DBMS) adalah perangkat lunak yang didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan utilitas kumpulan data dalam jumlah besar.
2.6         Internet
Internet singkatan international network. Internet merupakan jaringan komputer raksasa yang mengintegrasikan ribuan jaringan komputer dari 200 negara diseluruh dunia dengan 4.000.000 host / induk komputer. Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang digunakan saat ini. Jaringan ini bukan saja merupakan jaringan antar komputer tapi juga merupakan jaringan antar jaringan komputer diseluruh dunia.
Lebih dari 60 juta orang yang bekerja dibidang pendidikan, penelitian, pemerintahan dan organisasi bisnis menggunakan internet untuk saling tukar menukar informasi atau untuk melakukan transaksi secara elektronik. Internet menciptakan sebuah landasan/basis/platform teknologi baru yang bersifat universal, dimana dengan teknologi tersebut dapat diciptakan produk, jasa, strategi dan organisasi baru. Munculnya internet diawali sejak saat departemen pertahanan Amerika Serikat yang dikenal dengan nama Advanced Research Project Agency (ARPA) membentuk suatu jaringan komputer (kurang lebih 4 buah) yang dapat menghubungkannya dengan para ilmuwan dan profesor dari berbagai perguruan tinggi tertentu di seluruh dunia disebut sebagai ARPANET.
Sampai sekarang anda dan para pemakai komputer lain tidak dapat secara langsung berhubungan dengan jaringan komputer tersebut walaupun anda telah memiliki komputer dan modem. Untuk dapat masuk ke jaringan internet kita harus membayar sejumlah uang kepada Internet Service Provider (ISP) atau di Indonesia disingkat sebagai provider. Provider adalah organisasi dengan tujuan komersil yang memiliki hubungan secara permanen dengan internet.
Nilai dari internet terletak pada kemampuannya untuk berhubungan dengan orang-orang yang berbeda diseluruh dunia dengan mudah dan murah. Setiap orang yang memiliki alamat di internet dapat berhubungan dengan komputer lain secara virtual (maya) tidak memandang lokasi, jenis komputer serta sistem operasi yang digunakan.
2.7         Hypertext Markup Language (HTML)
Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standart Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
HTML dibuat oleh tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan tersebut tidak sampai mengubah cara kerja HTML. HTML 2.0 secara resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993).
2.8 Perangkat Lunak Pendukung
Perangkat lunak pendukung (sofware) yang digunakan penulis untuk membuat Sistem Informasi Alumni berbasis Web adalah PHP (personal Home Page), MySQL (My Structure Query Language) dan pengenalan Macromedia Dreamwever.
2.8.1     PHP
Menurut Antonius Nugraha Widhi Pratama (2010:9) PHP adalah kependekan dari Pretext Hyper-Processor yang dibagun oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Dahulu, pada awal pengembangannya PHP disebut sebagai kependekan dari Personal Home Page. PHP merupakan produk open source sehingga kita dapat mengakses source code, menggunakan, dan mengubahnya tanpa harus membayar sepeserpun.
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnyasaja. PHP menyatu dengan bahasa HTML untuk membuat halaman web yang menarik. PHP mampu berjalan di atas beberapa platfrom seperti Windows, Unix serta varian Linux. Beberapa kelebihan PHP antara lain dapat membuat situs yang interaktif dengan forum diskusi, guestbook dan sebagainya, koneksitas yang baik dengan bermacam-macam database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL dan lain-lain.
2.8.2     Mysql
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database management system) atau DBMS yang multithreadmulti-user,dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomastis.
2.8.3     XAMPP
            XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya. Hanya bedanya kalau yang versi untuk Windows sudah dalam bentuk instalasi grafis dan yang Linux dalam bentuk file terkompresi tar.gz. Kelebihan lain yang berbeda dari versi untuk Windows adalah memiliki fitur untuk mengaktifkan sebuah server secara grafis, sedangkan Linux masih berupa perintah-perintah di dalam console. Oleh karena itu yang versi untuk Linux sulit untuk dioperasikan. Dulu XAMPP untuk Linux dinamakan LAMPP, sekarang diganti namanya menjadi XAMPP FOR LINUX. XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQLsecaramanual.XAMPPakanmenginstalasidanmengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi.



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1         Analisa Kebutuhan
Analisa kebutuhan diperlukan untuk mengetahui fitur-fitur yang harus ada pada sistem, dan juga untuk mengetahui kebutuhan dari pengguna yang menggunakan TokoTenun Online Berbasis Web  yang akan dibuat.
3.1.1     Data Penelitian
Pada penelitian ini dibutuhkan data-data tertentu yang diperoleh dari beberapa tahap, yaitu :
a.  StudyLiteratur
Study Literaturinidilakukandengancaramengumpulkan, membacadanmempelajarisejumlahreferensibaikdaribuku-bukudanwebsite yang berhubunganTokoTenun Online Berbasis Web.
b.  Wawancara
Pada proses wawancara penulismelakukantanyajawabkepadasalah satu pengajardenganmasalah yang akandipecahkansehinggapenulismemperoleh data-data yang benar-benarakurat.
c.    Pengamatan (Observasi)
Penulismelakukanpeninjauansecaralangsungkelapangandenganmengamatipelaksanaansistem yang sedangberjalandanmengamatijalannyainformasi yang ditinjaudarisegi yang dianggappenting.
3.1.2     Perangkat Keras
Pada penelitian ini diperlukan alat penelitian berupa perangkat keras, yaitu satu set perangkat komputer dengan spesifikasi :
  1. Processor minimal Pentium IV dansekelasnya
  2. Menggunakan minimal RAM 1GB
  3. Hardisk500GB
  4. Keyboard, monitor danmouse


3.1.3     Perangkat Lunak
Beberapa perangkat lunak yang diperlukan dalam penelitian ini adalah :
1.    Sistem Operasi Windows 7 Professional.
  1. Apache
  2. MySQL server
  3. Macromedia Dreamweaver CS5
  4. SQLyog digunakan untuk membuat database.
  5. Mozilla Firefox

3.2         Rancangan Sistem
Rancangansistemsangatdiperlukan agar arsitektursistemdapatmemenuhifungsionalitas yang diinginkanolehpengguna.
ArsitekturTracer Study Alumniadalah Admin mengakses database Tracer study Alumnimelaluiaplikasi (interface). Admin mempunyaihakaksespenuhmemanipulasi (menambah, menghapus, sertamembalas) semua data yang adapada database, tetapiAlumni hanyamempunyaihakaksesuntukmemanipulai (menambah, serta meng-update) data milik alumni tersebut dengan melakukan login terlebih dahulu serta pengisian kuesioner.
Fungsi sistem yang dimiliki Admin adalah :
1.  Admin dapat melakukan login
2.  Admin dapat melakukan Input data Berita Beranda
3.   Admin dapat melakukan Input data Produk
4.  Admin dapat menerimaPesanandaripembeli
5.  Admin dapat membalas Chatting dari pengunjung.
Dan Fungsi sistem yang dimiliki Pengunjung  adalah :
1.  Pengunjung dapat melalukan login
2.  Pengunjung dapat melihatproduk
3.  Pengunjung dapat melakukan pemesananbarang
4.  Pengunjung dapat melihatcarapembelian
5.  Pengunjung dapat melakukan Input Chatting.


=>Mengenal beberapa macam virus yang mengangu komputer anda

=>2 cara mudah menginstall Windows 7 melalui Flashdisk

=>Contoh penulisan daftar isi dan BAB 1 untuk T.A




Demikianlah Artikel Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)

Sekian dulu admin tambah wawasan .com membagikan Artikel yang berjudul" Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)", mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tutorial kali ini.

Anda sedang membaca artikel Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A) dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.tambahwawasan.com/2016/05/tutorial-contoh-penulisan-bab2-dan-bab3.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Contoh penulisan BAB2 dan BAB3 untuk tugas akhir(T.A)"