Monday, May 23, 2016

Contoh Skripsi Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering

Contoh Skripsi Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering- lebih lengkapnya judul skripsi yang akan dibahas adalah : Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film.

Pada artikel kali ini kita bahas sedikit mengenai penerapan  Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering.

Untuk mengelompokkan kategori film, pada artikel yang memuat suatu karya skripsi yang telah penulis buat dankemarin alhamdullilah sudah wisudah tahun 2014 kemari. lumayan lama :D

Berdasarkan hasil penelitian kami, pada suatu film terdapat beberapa kategori, diantaranya jenis film, tahun release, dan bintang film, kategori ini yang kami jadikan kategori pengelompokan, dan hasilnya lumayan. Setelah selesai pembuatan kemarin baru kami menyadari sebenarnya hasil dari pengelompokan fungsinya adala untuk pencarian cepat data film.

Pengelompokan kategori film ini dibuat menggunakan aplikasi visual basic 6.0 (VB6), dan laporannya dibuat menggunakan cristal report 8.5

ini ni tampilan dari aplikasinya:

Contoh Skripsi Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering
Proses Pengelompokan

Contoh Skripsi Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering
Laporan Hasil Pengelompokan


Dari ucapan sebelumya, dari kata skripsi barang pasti ada data skripsinya.
Disini penulis akan memberikan isi dari BAB I dari skripsi yang telah penuli buat. silakan di apa-apain (gratis).


Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film



BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang 

Perkembangan komputer dewasa ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan kompleks. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan oleh para akademisi dan militer, kini telah digunakan secara luas di berbagai bidang, misalnya: bisnis, kesehatan, pendidikan, pisikologi, perfilman, permainan dan sebagainya. Hal ini mendorong para ahli untuk semakin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia atau bahkan melebihi kemampuan kerja manusia.
Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. Pada dasarnya film dapat dikelompokan ke dalam dua pembagian dasar, yaitu kategori film cerita dan non cerita. Pendapat lain menggolongkan menjadi film fiksi dan non fiksi. Film cerita adalah film yang diproduksi berdasarkan cerita yang dikarang, dan dimainkan oleh aktor dan aktris. Film non cerita adalah film yang mengambil kenyataan sebagai subyeknya, yaitu merekam kenyataan dari pada fiksi tentang kenyataan. (Sumarno, 1996:10) 
Pada prinsipnya Fuzy Subtractive Clustering didasarkan atas ukuran densitas (potensi) titik-titik data dalam suatu ruang (variabel). Titik dengan jumlah tetangga terbanyak akan dipilih sebagai pusat cluster. Titik yang sudah terpilih sebagai pusat cluster ini akan dikurangi densitasnya. Kemudian algoritma akan memilih titik lain yang memiliki tetangga terbanyak untuk dijadikan sebagai pusat cluster yang lain. Hal ini dilakukan sampai semua titik diuji. Teknik yang dikenal dalam data adalah clustering,  berupa proses pengelompokan sejumlah data atau objek ke dalam cluster group sehingga setiap dalam cluster akan berisi data yang semirip mungkin dan berbeda dengan objek dalam cluster yang lainnya (Klir, 1995). 
Proses pencarian data film pada Rental Film Untra Disc Kota Bengkulu selama ini dengan cara manual, yakni dengan cara mencari data film yang diinginkan yang tercatat pada suatu buku, hal ini dianggap kurang efektif dan efisien waktu, dikarnakan hal ini dilakukan berulang-ulang pada banyaknya jumlah peminjam film.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul pada skripsi ini yang berjudul: “Implementasi Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film”.

1.2. Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaiman menggimplementasikan Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film.


1.3. Batasan Masalah

Karena keterbatasan waktu, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain:
  1. Implementasikan Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film
  2. Pengelompokan yang berhubungan dengan persamaan dan ketidaksamaan jenis film, kategori film dan tahun keluaran.
  3. Film yang di jadikan sebagai sampel pada penelitian ini yaitu dari tahun 2010 sampai dengan 2014

1.4. Tujuan Penelitian

Tujuan penyusunan skripsi ini adalah untuk menggimplementasikan Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film.

1.5. Manfaat Penelitian

1. Bagi Penulis
Sebagai tambahan ilmu pengetahuan di bidang informatika serta menggimplementasikan Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film.
2. Bagi Pembaca
Dapat dijadikan referensi bahan acuan untuk menambah pengetahuan dan menggimplementasikan Algoritma Fuzy Subtrcative Clustering Untuk Aplikasi Pengelompokan Kategori Film


Barang Kali.... ada yang penelitiannya sama dengan hasil karya penulis, silakan anda download link dibawah ini skripsi dan programnya:
















No comments:

Post a Comment