Jumat, 20 Mei 2016

Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP

Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP - Pada arkitel kali ini, penulis bermaksud ingin membagikan hasil karya, artikel ini dibuat berdasarkan skripsi mahasiswa yang penulis buat, dan syukurlah sudah wisudah di bulan 3 - 2016 kemarin, di salah satu universitas di Bengkulu.

Adapun judul dari skripsi yang penulis garap kemarin berjudul "

KOMBINASI METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING DAN METODE AHP (ANALYTIC HIERARCHY PROCESS) UNTUK PEMILIHAN CALON PENYELENGGARA PEMILIHAN UMUM

Program apklikasi ini di buat menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, dan laporan di buat menggunakan Cristal Refort 8.5. 

Adapun Abstrak dari skripsi pada artikel ini adalah sebagai berikut:

Tempat dan waktu penelitian dilakukan Kelurahan Pasar Baru Kota Bengkulu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fuzzy c-means clustering dan metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Permasalahan yang akan diselesaikan yaitu bagaimana merancang sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode kombinasi Fuzzy C-Means (FCM) dan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk Pemilihan Calon Penyelenggara Pemilihan Umum.
Dari pembahasan didapat kesimpulan bahwa kombinasi Metode Fuzzy C-Means Clustering Dan Metode Ahp (Analytic Hierarchy Process) untuk pemilihan calon penyelenggara pemilihan umum yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, dapat menjadi solusi alternatif dalam membantu proses pemilihan calon penyelenggara pemilihan umum, sehingga proses pemilihan calon penyelenggara pemilihan umum yang di inginkan lebih mudah.

Place and research time done/conducted by Sub-District Of New Market of Town of Bengkulu, method which is used in this research is method of fuzzy clustering c-means and method of AHP (Analytic Hierarchy Process). Problems to be finished by that is how designing a system supporter of decision by using combination method of Fuzzy C-Means (FCM) and of Analytic Hierarchy Process (AHP) for the Election of Candidate Organizer of General Election.
From solution got by conclusion that Method combination of Fuzzy C-Means Clustering And Method of AHP (Analytic Hierarchy Process) for the election of candidate organizer of woke up general election use Language of program Visual of Basic 6.0, can become alternative solution in assisting process election of candidate organizer of general election, so that process election of candidate organizer of general election which in wishing is easier.

Hasil dan Pembahasan pada BAB IV pada skripsi ini adalah sebagai berikut:

Tampilan Menu Utama
Pada Menu ini terdapat tombol data calon, tombol data syarat, tombol proses C-Means, tombol proses AHP, tombol hasil seleksi, tombol daftar calon dan tombol keluar.Adapun bentuk dari tampilan menu utama dapat terlihat pada gambar ini:
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Tampilan Menu Utama

Tampilan Menu Input Data Calon
Menu input data calon berfungsi untuk menambahkan data calon calon dengan menginputkan kode calon, nama dan lainnya, apabila telah selesai di inputkan maka dilanjutkan dengan mengkilk tombol simpan untuk menyimpan data ke dalam database, sedangkan untuk merubah/ mengoreksi data, dengan cara memilik data calon berdasarkan kode calon lalu merubah data yang diinginkan, selanjutnya mengklik tombol koreksi. Untuk menghapus data dengan cara memilih data calon berdasarkan kode calon dan kemudian mengklik tombol hapus. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Input Data Calon
Tampilan Menu Input Data Syarat
Menu input data syarat berfungsi untuk menginputkan syarat menjadi calon penyelenggara pemilihan umum dengan memilih tombol tambah untuk menambah data dan akan tersimpan kedalam database. tombol koreksi untuk mengubah data yang telah di inputkan maka pilih koreksi dan tombol hapus untuk mengahapus data yang telah tersimpan, Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Input Data Syarat
Tampilan Menu Proses C-Means
Menu ini berfungsi untuk melakukan proses pengelompokan data calon penyelenggara pemilihan umum menggunakan fuzzy c-means. Pada menu ini terdapat 7 calon penyelenggara pemilihan umum yang telah di inputkan melalui input data calon penyelenggara pemilihan umum untuk di seleksi dan terdapat empat kriteria sebagai penyeleksi data calon penyelenggara pemilihan umum. Adapun kriteria-kriteria tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Pendidikan Akhir (K1)
  2. Pengalaman (K2)
  3. Kesehatan (K3)
  4. Nilai Test (K4)
Adapun prosedur pengelompokan data berdasarkan keempat kriteria diatas adalah sebagai berikut:
  1. Jika Pendidikan Akhir = SLTA, maka target pengelompokan Pendidikan Akhir = SLTA dan D3 dan S1 dan S2 dan S3
  2. Jika Pendidikan Akhir = D3, maka target pengelompokan Pendidikan Akhir = D3 dan S1 dan S2 dan S3
  3. Jika Pendidikan Akhir = S1, maka target pengelompokan Pendidikan Akhir = S1 dan S2 dan S3
  4. Jika Pendidikan Akhir = S2, maka target pengelompokan Pendidikan Akhir = S2 Dan S3
  5. Jika Pendidikan Akhir = S3, maka target pengelompokan Pendidikan Akhir = S3
  6. Jika Pengalaman = Ada, maka target pengelompokan Pengalaman = Ada
  7. Jika Pengalaman = Tidak Ada, maka target pengelompokan Pengalaman = Tidak Ada dan Ada
  8. Jika Kesehatan = Kurang, maka target pengelompokan Kesehatan = Kurang dan Cukup dan Baik
  9. Jika Kesehatan = Cukup, maka target pengelompokan Kesehatan = Cukup dan Baik
  10. Jika Kesehatan = Baik, maka target pengelompokan Kesehatan = Baik
  11. Jika Nilai Test = 50, maka target pengelompokan Nilai Test = 50 sampai dengan 100
  12. Jika Nilai Test = 55, maka target pengelompokan Nilai Test = 55 sampai dengan 100
  13. Jika Nilai Test = 60, maka target pengelompokan Nilai Test = 60 sampai dengan 100
  14. Jika Nilai Test = 65, maka target pengelompokan Nilai Test = 65 sampai dengan 100
  15. Jika Nilai Test = 70, maka target pengelompokan Nilai Test = 70 sampai dengan 100
  16. Jika Nilai Test = 75, maka target pengelompokan Nilai Test = 75 sampai dengan 100
  17. Jika Nilai Test = 80, maka target pengelompokan Nilai Test = 80 sampai dengan 100
  18. Jika Nilai Test = 85, maka target pengelompokan Nilai Test = 85 sampai dengan 100
  19. Jika Nilai Test = 90, maka target pengelompokan Nilai Test = 90 sampai dengan 100
Adapun bentuk dari tampilan menu proses menggunakan fuzzy c-means dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Proses C-Means

Tampilan Menu Proses AHP
Menu ini berfungsi untuk melakukan proses seleksi data calon penyelenggara pemilihan umum. Data yang di seleksi adalah data yang telah dikelompokkan dengan menggunakan metode fuzzy C-Mean pada menu proses C-Means. Nilai bobot pada setiap kriteria ditentukan oleh admin. Adapun kriteria tersebut adalah sebagai berikut:
a. Pendidikan Akhir (K1)
b. Pengalaman (K2)
c. Kesehatan (K3)
d. Nilai Test (K4)
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Proses AHP



Tampilan Laporan Hasil Seleksi
Laporan ini merupakan laporan hasil seleksi data calon penyelenggara pemilihan umum yang telah dilakukan menggunakan metode AHP, terdapat dua calon penyelenggara yang layak menjadi penyelenggara pemilihan umum dan dua calon penyelenggara yang tidak layak menjadi penyelenggara pemilihan umum, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Hasil Seleksi


Tampilan Laporan Daftar Calon
Laporan daftar calon merupakan laporan keseluruhan calon pengikut seleksi calon penyelenggara pemilihan umum, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP
Daftar Calon
Demikianlah artikel Contoh Skripsi Fuzzy C-Means Dan Metode AHP ini, penulis rasa pembaca suda paham apa isi dan tujuan dari judul skripsi pada artikel ini, barangkali ada yang ingin aplikasi atau skripsi dari artikel ini secara lengkap dan siap pakai, pembaca dapat mendownloadnya dari link dibawah ini:

Skripsi Full : Dropbox   Ziddu
Program Aplikasi VB 6.0 : Dropbox    Ziddu

Akhir kata penulis ucapkan terima kasih telah berkunjung di blog ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts