Rabu, 06 April 2016

Download Program Skripsi Sistem Pakar Tingkat Kemiskinan

Download Program Skripsi Sistem Pakar Tingkat Kemiskinan - Program ini dibuat berdasarkan rancangan dari skripsi yang berjudul "Full Skripsi Teknik Informatika Sistem Pakar Tingkat Kemiskinan Forward Chaining". Pada skripsi diatas, metode yang digunakan adalah metode forward chaining, subjek penelitian dilakukan di desa pering baru kecamatan talo kecil seluma provinsi bengkulu, dan dibangun menggunakan visual basic 6.0.

Program Skripsi Sistem Pakar Tingkat Kemiskinan
Program Skripsi Sistem Pakar Tingkat Kemiskinan

Untuk Melihat isi bab I dari skripsi ini silakan klink INI
Dan Untuk Download File Lengkap Program Skripsi ini Silakan Klik Link INI
Berikut ini adalah BAB IV Skripsi Program Skripsi Sistem Pakar Tingkat Kemiskinan:

BAB IVHASIL DAN PEMBAHASAN


4.1. Tampilan Menu Login

Menu ini merupakan menu pemabatasan pemakaian, pada menu ini terdaat pilihan level, pilihan Pemakai dan Administrator. Pemakai berfungsi untuk login Pemakai, Administrator berfungsi untuk login pakar. seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.1 dibawah ini:

Gambar 4.1. Tampilan Menu Login

4.2. Tampilan Menu Utama Pakar

Menu ini merupakan menu utama pakar, pada menu ini terdapat tombol data masyarakat berfungsi untuk menuju ke menu data masyarakat, tombol data kriteria berfungsi untuk menuju ke menu data kriteria, tombol data pertanyaan berfungsi untuk menuju ke menu data pertanyaan, tombol data rule berfungsi untuk menuju ke menu rule dan tombol keluar berfungsi untuk keluar dari menu utama pakar. seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.2 dibawah ini:

Gambar 4.2. Tampilan Menu Utama Pakar

4.3. Tampilan Menu Data Masyarakat

Menu ini merupakan menu untuk menginputkan data masyarakat, mengedit data masyarakat, menyimpan data masyarakat,  seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.3 dibawah ini:

Gambar 4.3. Tampilan Menu Data Masyarakat

4.4. Tampilan Menu Data Kriteria

Menu ini merupakan menu untuk menginputkan data kriteria, mengedit data kriteria, menyimpan data kriteria,  seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.4 dibawah ini:

Gambar 4.4. Tampilan Menu Data Kriteria

4.5. Tampilan Menu Data Pertanyaan

Menu ini merupakan menu untuk menginputkan data pertanyaan, mengedit data pertanyaan, menyimpan data pertanyaan,  seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.5 dibawah ini:

Gambar 4.5. Tampilan Menu Data Pertanyaan

4.6. Tampilan Menu Data Rule

Menu ini merupakan menu untuk menginputkan data rule, mengedit data rule, menyimpan data rule,  seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.6 dibawah ini:

Gambar 4.6. Tampilan Menu Data Rule


4.7. Tampilan Menu Utama User

Menu ini merupakan menu utama pemakai, pada menu ini terdapat menu proses penentuan, menu laporan tingkat kemisinan dan tombol keluar. seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.7 dibawah ini:

Gambar 4.7. Tampilan Menu Utama User

4.8. Tampilan Menu Proses Penentuan

Menu ini merupakan menu untuk melakukan proses penentuan kriteria masyarakat miskin. Pada menu ini pengguna tinggal memilih jawaban yang ada pada combo jawaban, untuk melanjutkan pengguna harus mengklik tombol next. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.8 dibawah ini:

Gambar 4.8. Tampilan Menu Proses Penentuan

4.9. Tampilan Menu Laporan Hasil Konsultasi

Laporan hasil konsultasi merupakan laporan hasil dari proses penentuan tingkat kemiskinan. Laporan ini di tampilkan pada akhir dari proses penentuan,  seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.9 dibawah ini: 
Gambar 4.9. Tampilan Menu Laporan Hasil Konsultasi

4.10. Tampilan Menu Laporan Data Masyarakat

Laporan data masyarakat merupakan laporan data masyarakat secara keseluruhan, pada laporan ini pengguna dapat melihat mencetak laporan data masyarakat yang telah di entrikan. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.10 dibawah ini: 
Gambar 4.10. Tampilan Menu Laporan Data Masyarakat

4.11. Tampilan Menu Rekap Data Hasil Konsultasi

Rekap data hasil konsultasi merupakan rekap data dari hasil proses penentuan tingkat kemiskinan, pada laporan ini seluruh hasil dari proses penentuan ditampilkan. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini 4.10 dibawah ini: 
Gambar 4.11. Tampilan Menu Rekap Data Hasil Konsultasi

4.12. Hasil Pengujian

Selanjutnya, adalah Pengujian. Pengujian dilakukan untuk melihat hasil dari aplikasi yang dibuat. Selain itu dilakukan sebagai salah satu cara untuk memeriksa aplikasi yang telah dibuat, sehingga dapat diketahui letak kekurangan dan kesalahan dalam program tersebut. Dalam pengujian perangkat lunak ini, peneliti menggunakan Metode Black Box dan White Box.


BAB V
PENUTUP


5.1. Kesimpulan

.Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari 8 responden yang melakukan pengujian terhadap aplikasi sistem pakar ini, 60% menyatakan baik, 37% menyatakan cukup, dan 25% menyatakan kurang baik.
2. Kelebihan sistem pakar ini dapat menghemat waktu, proses penentuan yang lebih objektif dan lebih efisien dalam pekerjaan, kebenarannya tidak bernilai 100% benar dan tidak mempertimbangkan secara rasional dalam keputusannya. 

5.2. Saran

1. Dalam aplikasi ini banyak kelemahan-kelemahan, diharapkan pada penelitian yang akan dating bisah lebih disempurnakan,
2. Diharapkan aplikasi ini bisa dimanfaatkan dalam proses penentuan tingkat kemiskinan dan bisa menjamin objektif dalam pengambilan keputusannya.

Untuk Melihat isi bab I dari skripsi ini silakan klink INI
Dan Untuk Download File Lengkap Program Skripsi ini Silakan Klik Link INI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts