Kamis, 24 Maret 2016

Contoh Skripsi Teknik Informatika S1

Contoh Skripsi Teknik Informatika S1 - S1 adalah jenjang pendidikan tingkat atas. Dapat dinyatakan sarjana seorang mahasiswa apabila dia telah menyelesaikan tugas akhir (Skripsi) dan mendapatkan nilai diatas C (cukup) dan telah di wisudahkan oleh pihak kampus, kemudian mendapatkan ijazah sarjana. Sebelum itu mahasiswa tersebut belum dinyatakan sarjana.
Contoh Skripsi Teknik Informatika S1
Contoh Skripsi Teknik Informatika S1

Pada artikel kali ini, ada sedikit oleh-oleh dari penulis yakni contoh skripsi Teknik Informatika S1. Hal ini sangat penting untuk melewati tahapan untuk mendapatkan gelar sarjana S. Kom (Sarjana Komputer), kenapa penting, karena dengan belum menyelesaikan tugas akhir maka seorang mahasiswa belum bisah melanjutkan ke tahapan selanjutnya hingga wisudah.

Berikut adalah contoh skripsi BAB I yang berjudul sistem pakar diagnosa penyakit sapi menggunakan logika fuzzy:

Contoh Skripsi Teknik Informatika S1


SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT SAPI MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi sekarang ini berjalan sangat cepat dan memegang peranan penting dalam berbagai hal. Kemampuan komputer dalam mengingat dan menyimpan informasi dapat dimanfaatkan tanpa harus bergantung kepada hambatan-hambatan seperti yang dimiliki pada manusia, misalnya saja kondisi lapar, haus ataupun emosi. Dengan menyimpan informasi dan sehimpunan aturan penalaran yang memadai memungkinkan komputer memberikan kesimpulan atau mengambil keputusan yang kualitasnya sama dangan kemampuan seorang pakar bidang keilmuan tertentu. Sistem Pakar (Expert System) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk problema-problema dalam suatu domain yang spesifik. Sistem pakar merupakan program computer yang meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang psikologi karena sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar pada bidang tertentu dalam program komputer sehingga keputusan dapat diberikan dalam melakukan penalaran secara cerdas. Irisan antara psikologi dan sistem pakar melahirkan sebuah area yang dikenal dengan nama cognition dan psycolinguistics. Umumnya pengetahuannya diambil dari seorang manusia yang pakar dalam domain tersebut dan sistem pakar itu berusaha meniru metodelogi dan kinerjanya (performance) (Kusumadewi, 2003).
Menurut Suryadi 2014, penyakit sapi terdiri dari beberapa macam penyakit yang diderita seperti penyakit Radang Limpa (Antrak), penyakit Brucellosis, penyakit Ngorok (Septichaemia Epizootica/SE), penyakit Radang Ambing, Tuberkulosis (TBC), penyakit Botulisme, penyakit Pink Eye, penyakit Johne’ Disaese, penyakit Salmonellosis, penyakit Radang Paha, penyakit Radang Kuku dan penyakit Vibriosis/Campylobacteriosis dan lain sebagainya, penyakit tersebut di sebabkan oleh berbagai penyebab seperti di sebabkan bakteri, jamur dan di sebabkan oleh virus dan lainnya.
Logika fuzzy adalah metodologi sistem control pemecahan masalah, yang cocok untuk diimplementasikan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multi-channel atau workstation berbasis akuisisi data, dan sistem kontrol (T. Sutojo, Edy Mulyanto, Vinchent, 2011: 211). 
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin merancang sistem dengan judul “Sistem Pakar Penyakit Sapi Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto”, yang nantinya dapat menentukan penyakit sapi sekaligus memberikan solusi berdasarkan gejala yang ada.
 

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan logika fuzzy tsukamoto untuk membantu pengambilan keputusan pada diagnose penyakit sapi.

1.3. Batasan Masalah
Batasan masalah yang diambil secara umum dalam pembahasan ini adalah:
  1. Sesuai sampel data penyakit hewan sapi adalah masalah yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus.
  2. Metode yang di gunakan adalah metode Tsukamoto 

1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit sapi menggunakan fuzzy tsukammoto.

1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah: sebagai alat bantu dalam menentukan tindakan pencegahan terhadap masalah yang menyerang hewan sapi menggunakan metode Tsukamoto. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts