Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika Terbaru

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika Terbaru - Membuat proposal adalah hal yang sangat serius, untuk membuat proposal skripsi pertama anda harus pengajuan judul dan kemudian baru proposal bisa digarap.
Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika Terbaru
Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika Terbaru

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika Terbaru

Berikut contoh proposal skripsi teknik informatika tentang Pembuatan Web Pada CV. Artha Guna Kota Bengkulu.

PEMBUATAN WEB PADA CV. ARTHA GUNA KOTA BENGKULU


PROPOSAL SKRIPSI
 

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika Terbaru


Oleh: PENULIS

09010476


FAKULTAS ILMU KOMPUTERPROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKAUNIVERSITAS DEHASEN (UNIVED) BENGKULU2015

PEMBUATAN WEB PADA CV. ARTHA GUNA KOTA BENGKULU


PROPOSAL SKRIPSI


PENULIS

NPM: 09010476


Diajukan Untuk Melanjutkan Penyusunan Skripsi Pada Jurusan Teknik Informatika


FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS DEHASEN (UNIVED) BENGKULU
2013


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, hampir semua aktifitas kehidupan manusia bergantung pada teknologi. Dengan adanya teknologi dapat mambantu dalam peningkatan efisiensi kerja.
Salah satu bentuk dari perkembangan dunia teknologi adalah komputer. Dengan adanya komputer banyak pekerjaan manusia telah terbantu. Terlihat bahwa, untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Dengan kecanggihannya komputer telah memberikan hal yang baru bagi perkembangan dunia teknologi.
Dalam pembuatan desain web, komputer menyajikan banyak aplikasi. Salah satu aplikasi desain web adalah Macromedia Dreamweaver  8.0.  Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan pembuatan web yang dinamis.
CV. Artha Guna Kota Bengkulu merupakan rental mobil yang siap melayani masyarakat. CV. Artha Guna Kota Bengkulu dalam mempromosikan rental mobilnya masih menggunakan kartu nama yang disebar kepada masyarakat melalui tim marketing.
Dengan cara tim marketing menyebarkan kartu nama kepada masyarakat, sistem ini dinyatakan membutuhkan waktu yang panjang dan kurang efektif dan efisien. Berdasarkan latar  belakang diatas maka penulis tertarik mengangkat judul: “Pembuatan Web Pada CV. Artha Guna Kota Bengkulu”.

1.2. Rumusan Masalah
Permasalahan dalam penulisan  skripsi ini adalah Bagaimana membuat web pada CV. Artha Guna Kota Bengkulu menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.0

1.3. Batasan Masalah
Web yang akan di buat ini difokuskan pada masalah informasi rental mobil yang ada di CV. Artha Guna Kota Bengkulu.

1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Web Pada CV. Artha Guna Kota Bengkulu Menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.0, PHP dan MySQL.

1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai media alternatif penyedia informasi, sehingga memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang CV. Artha Guna Kota Bengkulu.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1    Website
Web merupakan fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi dan data multimedia lainnya (Andi, 2006:2).         Halaman web adalah isi dari sebuah site dan Dreamweaver dapat membuat berbagai macam halaman web (Ali Akbar, 2006:32).
Menurut Vino dalam Rizkawati (2010) Website atau lazim disingkat web adalah salah satualat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusian. Halaman web layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersial mau pun non komersil. Melalui media web inilah seseorang dapat meberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluru dunia. 

2.2    Internet
Internet atau Interconnected Network merupakan sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan computer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone. Tujuan utama dari internet working adalah interoperabilitas yang maksimum, yaitu memaksimalkan kemampuan program pada suatu sistemkomputer dan jaringan yang berbeda untuk berkomunikasi secara handal dan efisien (Prasetiawan, Farid, 2011:5).

2.3.  WWW (World Wide Web)
World Wide Web (www) dapat juga disebut web adalah sistem informasi dan komunikasi Hypertext yang popular digunakan pada jaringan komputer internet yang mampu menampilkan informasi secara grafis dan interaktif (Prasetiawan, Farid, 2011:5).

2.4.  URL (Uniform Resource Locater)
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu pathname untuk mengindentifikasi sebuah dokumen di web.
Menurut wikipedia Indonesia URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standart tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu pathname atau rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjuklan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
URL yang lengkap memiliki rumus sebagai berikut : protocol//nama-host/path/nama file/query/fragment. Adapun penjelasan dari unsur-unsur rumus tersebut adalah host merupakan suatu teks yang akan membawah kita pada webserver tertentu melalui fasilitas bernama DNS (Domain Name System). http://www.yahoo.com/ atau http://cbn.net.id/ merupakan contoh dari host. Path merupakan lokasi folder atau direktori tertentu di web server dimana file tersebut berada.

2.5. TCP/IP (Transmision Control Protokol/ Internet Protocol)
TCP/IP ada dua istilah yang membentuknya yaitu TCP mempunyai arti Transmission Control Protocol dan IP mempunyai arti Internet Protocol. Yang merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari suatu komputer ke komputer lain di dalam jaringan komputer. (Bono: 2008)
Menurut Supriyanto Ali (2007:319) dalam bukunya yang berjudul Pengantar Teknologi Informasi menjelaskan “TCP/IP adalah salah satu jenis protocol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkompunikasi dan bertkar data di dalam suatu jaringan.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa TCP/IP adalah salah satu jenis protokol standar komunikasi data yang digunakan oleh komunikasi internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.

2.6. PHP (Hypertext Preprocessor)
PHP adalah salah satu bahasa server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web. PHP dapat disisipkan diantara bahasa HTML dan kareana bahasa server-side, maka bahasa PHP akan dieksekusi di server, sehingga yang dikirimkan ke browser adalah “hasil jadi’ dalam bentul HTML, dan kode PHP anda tidak akan terlihat. PHP termasuk dalam open source product. PHP juga dapat dijalankan diberbagai web server seperti Apache, PWS, dan lain-lain. PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan lain melalui protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 dan HTTP (Prasetiawan, Farid, 2011:6).

2.7. MYSQL
My Structur Query (MySQL) adalah program pembuat database yang bersifat opensource, artinya siapa saja boleh menggunakannya dan tidak dicekal. Selain itu MySQL juga merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi multiuser (Prasetiawan, Farid, 2011:6)

2.8. Definisi Dreamweaver 8.0 
Dreamweaver 8.0 merupakan web editor untuk membuat dan mendesain website dengan mudah dan cepat. Kemampuannya dalam membuat website tanpa menuliskan tag-tag HTML satu persatu, menjadikan program ini merupakan salah satu web editor favorit banyak pengguna web. Gemilang Route 2008/2009.

2.9 Memulai Macromedia Dreamweaver  8.0
Dreamweaver 8 merupakan web editor untuk membuat dan mendesain website dengan mudah dan cepat. Kemampuannya dalam membuat website tanpa menuliskan tag-tag HTML satu persatu, menjadikan program ini merupakan salah satu web editor favorit banyak pengguna web. (Route Gemilang, ITS, Modul 5- Macromedia Dreamweaver 8.0, 2012)

2.10  Teknik Pemrograman
Konsep Dasar PHP 
Kode PHP diawali dengan tanda lebih kecil (<) dan diakhiri dengan tanda lebih besar (>). Ada tiga cara untuk menuliskan script PHP yaitu : 
1.  <?  
Script PHP
?> 
2. <?php 
Script PHP 
?> 
3. <SCRIPT LANGUAGE”php”> 
Script php 
</script> 
Pemisah antar instruksi adalah tanda titik koma (;). Untuk membuat atau menambahkan komentar, standar penulisan adalah /*komentar*/, //komentar dan #komentar. Untuk menuliskan script PHP, ada dua cara yang sering digunakan yaitu Embedded Script dan Non- Embedded Script. 
a. Embedded Script 
Embedded Script yaitu script PHP yang disisipkan diantara tag-tag HTML. 
Contoh dari Embedded Script : 
<html> 
<head> 
<title>Embedded Script</title> 
</head> 
<body> 
<?php 
Echo “Hallo, selamat menggunakan PHP”; 
?> 
</body>
</html>
b. Non-Embedded Script 
Non-Embedded Script adalah script program PHP murni. Termasuk tag HTML yang disisipkan dalam script PHP. 
Contoh dari Non-Embedded Script :
<?php 
echo “<html>”; 
echo “<head>”; 
echo “<title>Mengenal PHP</title>”; 
echo “</head>”; 
echo “<body>”; 
echo “<p>PHP cukup jitu</p>’; 
echo “</body>”; 
echo “</html>”; 
?>

BAB III
METODELOGI PENELITIAN


3.1. Subjek PenelitianCV. Artha Guna didirikan pada tanggal 28 April 2010 tepat pukul 11:00 yang terletak di jalan Meranti IV Nomor 22 RT 012 RW 003 Kelurahan Sawah Lebar Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu, No telp. 085789037941 yang di pimpin oleh Bapak Janra Meito. CV. Artha Guna dengan notaris Ibu Is Hariyani, SH. CV Artha guna didirikan untuk melayani masyarakat untuk hubungan transportasi darat dengan jenis kendaraan mobil.

3.2. Tempat dan Waktu Penelitian3.2.1. Tempat penelitianPenelitian di lakasanakan di CV. Artha Guna Kota Bengkulu, yang beralamat di Jalan Meranti 04 No.22 Rt.12 Rw.03 Kelurahan Sawah Lebar Baru Kota Bengkulu.

3.2.2. Waktu penelitian
Penelitian di laksanakan pada tanggal 01 Maret 2013 sampai dengan 01 April 2013, berlangsung selama 1 bulan.


3.3. Struktur Organisasi
Adapun struktur organisasi CV. Artha Guna Kota Bengkulu, dapat dilihat pada lampiran.

3.4. Tugas dan Wewenang
3.4.1. Direktur:
Direktur mempunyai tugas dan wewenang:
1. Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan.
2. Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan.
3. Menyampaikan laporan kepada pemegang perusahaan atas kinerja perusahaan.

3.4.2. Wakil Direktur
Wakil Direktur mepunyai Tugas dan wewenang:
Bertugas sebagai wakil direktur dan mewakili posisi direktur apabila direktur sedang berhalangan, hingga kegiatan berjalan dengan baik.
3.4.3. Bendahara
Bendahara mepunyai tugas dan wewenang:
Mengatur aliran kas masuk dan keluar, membuat laporan keuangan dan mengurus segala bidang keuangan lainnya.
3.4.4. Marketing
Marketing mempunyai tugas untukm enyebarkan kartu nama kepada masyarakat.
3.4.5. Transportasi
Transportasi bertugas sebagai sopir kendaraan rental, bila di perlukan.

3.5. Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode ekperimen yang mana prosesnya dimulai dengan menganalisa kebutuhan data, mengembangkan sistem yang ada, Implementasi sistem dan pemeliharaan sistem yang dalam hal ini menggunakan bahasa pemrograman PHP


3.6. Metode Pengumpulan Data
A. Metode Observasi
Penulis  melakukan observasi secara langsung pada CV. Artha Guna Kota Bengkulu Jalan Meranti 04 No.22 Rt.12 Rw.03 Kelurahan Sawah Lebar Baru Kota Bengkulu.
B. Metode Kepustakaan
Dilakukan dengan membaca dan mempelajari buku dan internet yang berhubungan dengan masalah dalam penelitian ini.
C. Metode Wawancara
Peneliti melakukan tanya jawab secara langsung kepada kepala pimpinan CV. Artha Guna Kota Bengkulu.

3.7. Software dan Hardware
Adapun Software dan Hardware yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
a. Software (Perangkat Lunak)
Adapun Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1. Sistem Operasi Windows XP Service Pack 2
2. Program Aplikasi Macromedia Dreamwaver 8.0, Xampp 1.5.3.
b. Hardware (Perangkat Keras)
1. Prosessor Pentium 4 Dual Core
2. RAM 2 Gb
3. Hardisk 142 GB
4. Printer canon Pixma MP 250
5. Mouse, Keyboard, Modem dan Monitor

3.8. Metode Perancangan Sistem
3.8.1. Analisa Sistem Aktual
Sebelum melakukan pengembangan terhadap suatu sistem, telebih dahulu penulis menganalisa sistem yang dipakai di CV. Artha Guna Kota Bengkulu. Ini dilakukan untuk mengetahui dan mempelajari kelemahan sistem tersebut dan masalah yang dihadapi dalam proses promosi rental mobil CV. Artha Guna Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil prapenelitian, sistem promosi rental mobil pada CV. Artha Guna Kota Bengkulu menggunakan kartu nama yang kemudian di sebar luaskan  pada masyarakat.
Adapun kelemahan-kelemahan dari sistem lama adalah sebagai berikut:
1. Kesulitan dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang berhubungan dengan informasi rental mobil yang ada di Kota Bengkulu, karena masih menggunakan cara manual,
2. Kurangnya pemeliharaan terhadap sistem informasi yang ada.

3.8.2. Perancangan Sistem Baru
Dalam perancangan pembuatan web ini penulis menggunakan aplikasi macromedia dreamwaver 8.0. dan menggunakan xampp 1.5.3. yang berbasis online

3.9. Rancangan Sruktur Menu
Gambar 3.2. Rancangan Struktur Menu

3.10. DFD (Data Flow Diagram)
1. Diagram Konteks
Gambar 3.3. Rancangan Struktur Menu

2. Diagram Level Nol
Gambar 3.4. Diagram Level Nol

3.      ERD (Entity Relation Diagram)
Gambar 3.7. ERD (Entity Relation Diagram)



DAFTAR PUSTAKA



Ali Akbar, 2006, Panduan Praktis Desain Web, Bandung, 128 Halaman.

Andi, 2006, Menguasai Pemrograman Web Dengan PHP 5, Semarang, 352 Halaman

Prasetiawan, Farid, 2011, Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung, 237 Halaman.

Bono , 2008, System Analysis and Design, Fifth Edition. Penerbit I Made G. Suteja, 529 halaman.

Supriyanto Aji, 2007, Pengantar Teknologi Informasi, Penerbit Stefanus Rahoyo, 499 halaman.

http://carapedia.com/pengertian_definisi_web_info2043.html

http://www.indowebhoster.com/order/index.cfm

https://my.idebagus.com/clientarea.php






Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran || Tambah Wawasan

Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran - Selamat Datang Pengunjung Budiman , Pada Kesempatan Kali Ini Kami Akan Membagikan Beberapa Referensi Bagi Anda Yang Membutuhkan Jenis Usaha Terutapa Bagi Pengangguran . Kami Akan Memberikan 10 Jenis Usaha Sebagai Referensi Sehingga Anda Dapat Memilah Usaha Mana Yang Cocok Untuk Di Jalankan.
Menjadi Seorang Usaha Memang Tidak Enak , Terkadang Kita Hanya Mendapatkan Pekerjaan Musiman Saja Dimana Apabila Lagi Sedang Tidak Musimnya Kita Akan Menganggur Atau Bekerja Ala Kadarnya.

Saat Ini Pengangguran Bisa Menyerang Siapa Saja , Baik Itu Mulai Yang Tidak Sekolah , Lulusan Sd , Smp Dan Sma/Smk Bahkan Orang Yang Sudah Mendapatkan Gelar Sarjana Pun Banyak Yang Menganggur.
Saat Ini Tingkat Persaingan Tenaga Kerja Sangatlah Kuat Dan Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan Terlebih Lagi Bagi Anda Yang Tidak Tamat Sekolah Atau Hanya Mendapatkan Ijasah Maksimal Smp Tentu Hal Ini Menjadi Masalah Yang Sangat Besar.
Baca : Peluang Usaha Sampingan Bagi Pelajar Modal Keci…

Contoh Cover Proposal Skripsi Teknik Informatika

Contoh Cover Proposal Skripsi Teknik Informatika - Membuat cover proposal skripsi merupakan tujuan utama dalam membuat skripsi. Untuk membuat cover skripsi dibutuhkan format penulisan skripsi yang benar, pada artikel ini akan membahas cara membuat cover proposal skripsi pada jurusan teknik informatika pada dengan format bahasa indonesia.

Sebenarnya pada setiap universitas disediahkan format penulisan proposal skripsi tersendiri, adakalanya lain universitas lain juga format penulisan skripsi nya.

Berikut ini adalah contoh cover proposal skripsi jurusan teknik informatika


Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa:Judul       : Huruf besar dengan bentuk pohon vektor dengan hurup arial dan ukuran hurup 14 dan centre                   screen Logo       : Logo warna centre screen dengan ukuran 5 x 5 mm Dibawah logo terdapat tulusan Oleh: dan dibawahnya nama anda dan NPM anda
Selanjutnya pada bagian bawah halaman terdapat jurusan kuliah anda, dan dibawahnya lagi terdapat fakultas perkuliahan anda d…

8 Browser Android Terbaik yang Cepat dengan Fitur Komplit || Tambah Wawasan

Browser Android Terbaik – Saat Ini Aktivitas Browsing Menjadi Kebutuhan Wajib Di Kalangan Masyarakat. Dengan Browsing Kita Dapat Mengetahui Berbagai Macam Hal, Mulai Dari Mempelajari Sesuatu Hingga Sekedar Mencari Berita Yang Tengah Booming Di Masyarakat.


Aktivitas Satu Ini Pun Sekarang Bisa Kita Lakukan Di Mana Saja Dengan Menggunakan Smartphone Android. Sebetulnya Setiap Hp Android Sudah Dibekali Dengan Aplikasi Browser Bawaan, Akan Tetapi Banyak Pengguna Yang Merasa Kurang Puas Dengan Kinerjanya. Entah Itu Lemotlah, Boros Kuota, Berat, Ataupun Banyak Iklan.



Nah Bagi Kamu Yang Mencari Browser Android Tercepat, Ringan, Hemat Kuota, Dan Bebas Iklan, Berikut Beberapa Rekomendasi Terbaik Yang Wajib Dicoba.

Aplikasi Browser Android Terbaik yang Cepat dan Banyak Fitur Menarik
1. Google Chrome
Browser Android Terbaik
Chrome Merupakan Browser Besutan Google Inc. Dengan Aplikasi Ini Kamu Tidak Hanya Bisa Menghemat Kuota Browsing Hingga 50 % Saja, Tetapi Kamu Juga Dapat Menikmati Berbagai Layanan T…