Langsung ke konten utama

Persiapan dan Perencanaan Sebelum Perakiten Komputer Yang Benar # Tambah wawasan

Persiapan dan Perencanaan sebelum Perakiten Komputer
Kembali lagi bersama tambahwawasan.com, kali ini kite akan membahas tentang Persiapan dan Perencanaan sebelum Perakiten Komputer.
Oke deh, dilihat dari judul postingan, kali ini tambahwawasan.com akan membahas mengenai persiapan dan perencanaan yang perlu dilakukan sebelum melakukan perakiten sebuah komputer/PC. Pembahasan ini meliputi apa saja yang akan dilakukan? Apa saja yang dibutuhkan sebelum merakit sebuah PC? Komponen-komponen apa yang harus disiapkan? Hal-hal apa yang harus dihindari sebelum melakukan perakiten komputer?
http://www.tambahwawasan.com/
persiapan perakiten komputer
Persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan perakiten komputer harus diperhatikan dan dilaksanakan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat melakukan perakiten komputer.
Konfigurasi Komponen Komputer
Maksud dari konfigurasi komponen disini adalah penentuan jenis komponen dan kesesuaiannya agar dapat bekerja maksimal sebagai sebuah sistem komputer. Dimisalkan penentuan tipe prosesor akan mempengaruhi jenis motherboard, perangkat I/O, dan komponen lainnya.
Persiapan Alat dan Komponen
Biasanya untuk merakit sebuah komputer dibutuhkan peralatan-peralatan yang sesuai dan juga peralatan yang bisa menjaga keselamatan. Berikut adalah alat-alat yang digunakan untuk merakit komputer:
Obeng (+) dan (-) atau satu set perlengkapan obeng: Digunakan untuk memasang komponen-komponen yang akan diletakkan pada casing komputer dengan memasangkan baut pada masing-masing komponen.
Pinset: Digunakan untuk mengambil baut atau kabel yang sangat kecil maupun tipis.
Tang: Digunakan untuk mencabut komponen yang sangat sulit diambil.
http://www.tambahwawasan.com/
tools perakiten komputer
Driver Disk: Digunakan untuk menginstal software dari beberapa perangkat keras yang terpasang pada motherboard agar penggunaan komputer menjadi optimal.
Operating System Disk: Digunakan untuk menginstal software sistem operasi yang akan digunakan untuk menjalankan komputer.
Power supply tester: Digunakan untuk mengetes fungsi dari power supply, apakah power supply tersebut dapat digunakan atau rusak.
Tespen / AVO meter: Digunakan untuk mengecek aliran listrik pada komponen-komponen penyusun komputer.
Sarung tangan: Untuk menghindarkan tangan kite jika terdapat arus listrik.
Masker: Untuk melindungi wajah kite dari debu atau benda-benda lain yang membahayakan wajah kite.
http://www.tambahwawasan.com/
tools perakiten komputer
Buku manual: Sebagai panduan mengenai fungsi dari masing-masing komponen atau cara pemasangannya.
Alas kaki: Untuk melindungi kite dari sengatan listrik dengan adanya alas kaki yang membuat tubuh kite tidak secara langsung menyentuh tanah.
Apron: Sebagai pelindung pakaian kite dari kotor yang kemungkinan terjadi pada saat melakukan perakiten komputer.
Wearpack atau pakaian khusus: merupakan pakaian khusus yang digunakan pada saat melakukan pekerjaan seperti di pabrik.
Kemudian tidak lupa juga komponen-komponen berikut yang sangat penting:
Casing: Merupakan tempat dimana semua komponen penyusun komputer dipasang, kecuali monitor, stabilizer, dan UPS.
Prosesor dan Fan: Prosesor adalah otak dari komputer yang berfungsi mengolah data pada sistem. Sedangkan Fan digunakan untuk mendinginkan prosesor.
Motherboard: Merupakan papan elektronik yang menjadi tempat pengolahan data dan tempat dimana komponen-komponen lain berada, seperti RAM, prosesor, LAN Card, dll.
RAM: Adalah memori penyimpanan sementara yang juga berfungsi melaksanakan tugas-tugas dari prosesor.
http://www.tambahwawasan.com/
komponen penyusun komputer
Kabel SATA: Merupakan kabel penghubung harddisk atau optical drive ke motherboard.
Kabel IDE: Memiliki fungsi yang sama seperti kabel SATA, hanya saja kabel IDE memiliki kecepatan transfer data lebih lambat dari SATA.
Hard Drive: Adalah piranti penyimpanan tetap untuk menyimpan data-data penting kite. Tidak seperti RAM yang akan hilang data-data yang tersimpan pada saat komputer sudah dimatikan.
Optical Drive: Adalah perangkat keras yang digunakan untuk membaca data-data yang tersimpan pada media penyimpanan optik seperti DVD, CD, Floppy Disk.
Power Supply: Berfungsi sebagai penyalur daya listrik pada komponen-komponen yang ada pada komputer agar dapat berjalan.
Keyboard: Adalah perangkat input yang berguna untuk memberikan perintah masukan berupa karakter (huruf, angka, simbol) pada sistem.
Mouse: Seperti keyboard yang berfungsi sebagai perangkat input yang memberikan perintah berupa interaksi pointer terhadap suatu aplikasi.
Monitor: Merupakan perangkat output untuk merepresentasikan kerja sebuah sistem komputer berupa tampilan visual.
http://www.tambahwawasan.com/

komponen penyusun komputer
Kabel power: Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan power supply dan monitor ke aliran listrik.
Stabilizer: Perangkat ini digunakan untuk menstabilkan aliran listrik dari PLN yang masuk ke komponen-komponen komputer.
UPS: Fungsi alat ini adalah sebagai penyimpan daya listrik sementara jika terjadi konsleting pada sumber listrik.
Baut: Digunakan untuk memasangkan komponen satu dengan yang lain, seperti memasang motherboard pada casing, memasang penutup casing, dan komponen lainnya.
Selain peralatan-peralatan yang digunakan untuk merakit sebuah komputer sampai menjadi satu sistem komputer utuh di atas, hal-hal berikut ini juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perakiten komputer:
  1. Menggunakan gelang anti statis (jika ada) atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  2. Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.
  3. Hindari merakit dalam keadaan berkeringat atau anggota tubuh basah.
  4. Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prosesor yang ada termasuk chipset.
  5. Pada setiap tahap perakiten sebelum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan.
  6. Hindari membawa makanan dan minuman pada saat melakukan perakiten.
  7. Hindari pemasangan komponen harddisk dengan kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.
  8. Selain hal-hal yang telah disebutkan, kemungkinan lain yang akan terjadi pada saat melakukan perakiten komputer nanti adalah terjadi kecelakaan kerja pada saat perakiten komputer. Salah satu kemungkinannya adalah tersengat arus listrik. Hal-hal pada gambar berikut merupakan pengetahuan dasar sebagai awal atau persiapan yang perlu kite ketahui sebelum melakukan perakiten computer:

http://www.tambahwawasan.com/

penanganan k3 saat tersengat listrik
Nah, seperti itulah gambaran singkat bagaimana kite melakukan persiapan sebelum merakit sebuah komputer.
Mungkin itu saja dari tambahwawasan.com mengenai Persiapan dan Perencanaan sebelum Perakiten Komputer, semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan tambahwawasan.com selanjutnya dan salam blogger indonesia.. :D

Artikel ini di kutip dari: http://miinformatika11.wordpress.com/2013/05/09/perakiten-komputer/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran || Tambah Wawasan

Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran - Selamat Datang Pengunjung Budiman , Pada Kesempatan Kali Ini Kami Akan Membagikan Beberapa Referensi Bagi Anda Yang Membutuhkan Jenis Usaha Terutapa Bagi Pengangguran . Kami Akan Memberikan 10 Jenis Usaha Sebagai Referensi Sehingga Anda Dapat Memilah Usaha Mana Yang Cocok Untuk Di Jalankan.
Menjadi Seorang Usaha Memang Tidak Enak , Terkadang Kita Hanya Mendapatkan Pekerjaan Musiman Saja Dimana Apabila Lagi Sedang Tidak Musimnya Kita Akan Menganggur Atau Bekerja Ala Kadarnya.

Saat Ini Pengangguran Bisa Menyerang Siapa Saja , Baik Itu Mulai Yang Tidak Sekolah , Lulusan Sd , Smp Dan Sma/Smk Bahkan Orang Yang Sudah Mendapatkan Gelar Sarjana Pun Banyak Yang Menganggur.
Saat Ini Tingkat Persaingan Tenaga Kerja Sangatlah Kuat Dan Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan Terlebih Lagi Bagi Anda Yang Tidak Tamat Sekolah Atau Hanya Mendapatkan Ijasah Maksimal Smp Tentu Hal Ini Menjadi Masalah Yang Sangat Besar.
Baca : Peluang Usaha Sampingan Bagi Pelajar Modal Keci…

Contoh Cover Proposal Skripsi Teknik Informatika

Contoh Cover Proposal Skripsi Teknik Informatika - Membuat cover proposal skripsi merupakan tujuan utama dalam membuat skripsi. Untuk membuat cover skripsi dibutuhkan format penulisan skripsi yang benar, pada artikel ini akan membahas cara membuat cover proposal skripsi pada jurusan teknik informatika pada dengan format bahasa indonesia.

Sebenarnya pada setiap universitas disediahkan format penulisan proposal skripsi tersendiri, adakalanya lain universitas lain juga format penulisan skripsi nya.

Berikut ini adalah contoh cover proposal skripsi jurusan teknik informatika


Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa:Judul       : Huruf besar dengan bentuk pohon vektor dengan hurup arial dan ukuran hurup 14 dan centre                   screen Logo       : Logo warna centre screen dengan ukuran 5 x 5 mm Dibawah logo terdapat tulusan Oleh: dan dibawahnya nama anda dan NPM anda
Selanjutnya pada bagian bawah halaman terdapat jurusan kuliah anda, dan dibawahnya lagi terdapat fakultas perkuliahan anda d…

8 Browser Android Terbaik yang Cepat dengan Fitur Komplit || Tambah Wawasan

Browser Android Terbaik – Saat Ini Aktivitas Browsing Menjadi Kebutuhan Wajib Di Kalangan Masyarakat. Dengan Browsing Kita Dapat Mengetahui Berbagai Macam Hal, Mulai Dari Mempelajari Sesuatu Hingga Sekedar Mencari Berita Yang Tengah Booming Di Masyarakat.


Aktivitas Satu Ini Pun Sekarang Bisa Kita Lakukan Di Mana Saja Dengan Menggunakan Smartphone Android. Sebetulnya Setiap Hp Android Sudah Dibekali Dengan Aplikasi Browser Bawaan, Akan Tetapi Banyak Pengguna Yang Merasa Kurang Puas Dengan Kinerjanya. Entah Itu Lemotlah, Boros Kuota, Berat, Ataupun Banyak Iklan.



Nah Bagi Kamu Yang Mencari Browser Android Tercepat, Ringan, Hemat Kuota, Dan Bebas Iklan, Berikut Beberapa Rekomendasi Terbaik Yang Wajib Dicoba.

Aplikasi Browser Android Terbaik yang Cepat dan Banyak Fitur Menarik
1. Google Chrome
Browser Android Terbaik
Chrome Merupakan Browser Besutan Google Inc. Dengan Aplikasi Ini Kamu Tidak Hanya Bisa Menghemat Kuota Browsing Hingga 50 % Saja, Tetapi Kamu Juga Dapat Menikmati Berbagai Layanan T…