Latest News

Cara Edit Hosts File Di Windows

Cara Edit Hosts File Di Windows - Hallo sahabat tambah wawasan .com, kali ini admin tambah wawasan akan membagikan tutorial yang berjudul " Cara Edit Hosts File Di Windows ", saya telah menyediakan beberapa cara atau langkah-langkah "Cara Edit Hosts File Di Windows yang sudah admin coba sendiri. mudah-mudahan isi postingan Cara Edit Hosts File Di Windows yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia tutorialnya.

Judul Artikel : Cara Edit Hosts File Di Windows
Link Artikel : Cara Edit Hosts File Di Windows

Lihat Juga Artikel yang terkait dibawah ini :


Cara Edit Hosts File Di Windows

Cara Mengedit File Hosts Di Windows



hosts file
Sebelum kita lanjut cara mengedit hosts file atau cara memodifikasi file host yang ada di komputer kita khususnya yang beroperating sistem Windows, perlu diketahui juga kegunaan atau arti dari file hosts yang terdapat dikomputer kita. Jangan sampai kita mengedit file hosts ini berdampak tidak diinginkan yang akan terjadi pada komputer kita. Jadi simak sedikit ulasan untuk mengedit hosts khususnya di windows.

Apa Itu Hosts File?


Menurut ulasan wiki seperti ini
Host file adalah file komputer yang digunakan oleh sistem operasi untuk memetakan nama host ke alamat IP. Host file adalah file teks biasa , dan secara konvensional bernama host. Awalnya, sebuah file bernama HOSTS.TXT dipertahankan secara manual dan tersedia melalui file sharing oleh Stanford Research Institute untuk keanggotaan ARPANET, yang berisi nama host dan alamat host sebagai kontribusi untuk dimasukkan oleh organisasi anggota. Domain Name System, pertama kali dijelaskan pada tahun 1983 dan dilaksanakan pada tahun 1984, otomatis proses publikasi dan tersedia resolusi hostname seketika dan dinamis dalam jaringan yang berkembang pesat. Dalam sistem operasi modern, file host tetap mekanisme resolusi nama alternatif, dikonfigurasi sering sebagai bagian dari fasilitas seperti Nama Service Switch baik sebagai metode utama atau sebagai metode fallback
Jadi intinya anda mengedit file Hosts di Windows kegunaan nya untuk memasukan peraturan tertentu kemana akan kita tuju suatu IP (Internet Protokol) melalui sistem operasi kita yang kita bahas adalah sistem operasi Windows. Kegunaan lain bisa juga untuk memblok alamat website atau alamat IP tertentu dengan memasukan alamat website/IP tersebut pada file hosts ini. File Host sendiri dikatakan Wiki adalah file text biasa berarti cara mengedit file hosts sendiri menggunakan text editor atau di sistem windows kita bisa membuka program text editor yaitu NOTEPAD. 

Dimana Letak Notepad berada?


Notepad adalah suatu program .exe di sistem Windows berguna untuk mengedit text sederhana yang telah disediakan atau sudah terinstall paket pada sistem operasi Windows. Dengan kata lain notepad sudah pasti tersedia di sistem operasi windows tanpa perlu kita harus menginstall program baru terlebih dahulu.

Anda dapat mencari program notepad di hardisk yang sudah terinstall windows dengan cara membuka file exsplorer di lokasi C:\Windows\System32\Notepad.

Alternatif atau cara lain anda bisa membukanya pada Windows XP, Vista, WIndows 7  melalui start menu Start-All Programs-Accesories.

Syarat Untuk Mengedit file Hosts


Seperti sub judul diatas untuk mengedit file hosts pada windows ini ada syarat yang harus dipenuhi dahulu sebelum anda bisa mengedit file host tersebut. Karena file Hosts ini berada di WINDOWS\SYSTEM maka otamatis untuk membuka file atau merubah file dalam folder tersebut kita harus punya hak "Administrator". 

Pengertian Administrator menurut Wiki adalah Hak Administrator, dalam sistem operasi Microsoft Windows dan jaringan yang dibuat berbasiskan sistem operasi tersebut merujuk kepada pengguna yang kedudukannya paling tinggi. Akun "Administrator" merupakan sebuah akun pengguna lokal yang dibuat ketika sistem operasi berbasis Microsoft Windows NT (Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista) diinstalasikan. Akun "Administrator" memiliki hampir semua hak yang dapat dilakukan oleh pengguna, seperti halnya memodifikasi akun pengguna (menambah, me-reset password, atau menghapusnya), melakukan pemformatan terhadap media penyimpanan, dan lain sebagainya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna biasa. Hasilnya, akun Administrator menjadi aspek yang penting dalam keamanan pada platform Microsoft Windows, dan harus diamankan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun tersebut.

Jadi apabila anda mau mengedit file host di windows tanpa hak sebagai administrator tidak akan mungkin bisa. Anda harus login ke komputer tersebut sebagai administrator tertinggi, yaitu mempunyai hak admin untuk bisa mengedit atau mengubah file hosts ini. atau minimal anda mengetahui password administrator apabila ditanyakan saat menjalankan hak administrator.

Cara Mengedit File Hosts Dengan Notepad


Dengan memenuhi syarat login di atas anda bisa mengedit file hosts ini dengan mudah. Ternyata caranya cukup mudah dengan cara membuka program notepad ini dengan hak administrator

edit file hosts dengan Notepad

dengan demikian anda sudah menjalankan program notepad ini dengan hak administrator. Sekarang tinggal membuka file hosts tersebut di lokasi sebagai berikut:

c:\windows\system32\drivers\etc\hosts

Setelah terbuka dan dapat mengeditnya dan jangan lupa untuk melakukan klik save pada menu file atau dengan menekan tombol Ctrl + save.

Demikian tutorial singkat ini semoga bisa membantu untuk Anda yang memerlukan cara edit file hosts di windows. Semoga bermanfaat




Demikianlah Artikel Cara Edit Hosts File Di Windows

Sekian dulu admin tambah wawasan .com membagikan Artikel yang berjudul" Cara Edit Hosts File Di Windows", mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tutorial kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Edit Hosts File Di Windows dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.tambahwawasan.com/2016/02/cara-edit-hosts-file-di-windows.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Edit Hosts File Di Windows"