Langsung ke konten utama

Tutorial Tentang Domain Dan Hosting Baru

Hosting

Apa sih hosting itu?
Kalau kata Wikipedia:
Layanan hosting internet adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya Server (sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer) untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet.
Gampangnya sih, kalau kita ibaratkan sebuah rumah/toko, hosting adalah bangunan rumah/tokonya tempat kita menyimpan atau memajang barang dagangan kita.

Domain

Apa sih domain itu?
Kalau kata Wikipedia:
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Gampangnya sih, kalau kita ibaratkan sebuah rumah/toko, domain adalah alamatnya seperti; Jalan Sudirman No. 13. Biar orang ngga nyasar gitu….
Mudah-mudahan pada ngerti ya…..
Soalnya saya sendiri juga ngga terlalu ngerti, yang penting webnya bisa jalan…. hehhehehe……

Kalo pengen punya, gimana caranya?

Di internet banyak sekali yang menjual layanan domain dan hosting dengan berbagai macam promo dan fasilitas.
Untuk membeli domain sebaiknya yang diakhiri dengan .com (dotkom) karena lebih familiar. Banyak sih pilihan lain seperti .net, .info, .org, .us, .biz, dll. yang biasanya lebih murah dari .com, jadi teserah mau pilih yang mana.
Nama domain sebaiknya dipilih dan dipikirkan matang-matang karena nanti akan jadi semacam trademark atau merek dagang kita…. Description: :)
Supaya domain kita tersebut bisa eksis di dunia maya alias internet, tentunya kita juga harus beli hosting. Semua penyedia layanan domain juga menyediakan layanan hosting, jadi kita bisa beli satu paket domain dan hosting.
Saat ini saya beli domain dan hosting di rumahosting.com karena harga dan fasilitas yang diberikan cukup menggiurkan…. Description: :)(bukannya promosi hehehe…). Lagian ini hosting provider lokal, jadi support-nya pake bahasa Indonesia dan bayarnya transfer BCA, Mandiri atau BNI, pake rupiah tentunya.
Ada berbagai macam promo dan paket, jadi silahkan disesuaikan dengan budget masing-masing ya…. Linknya disini ya:
http://rumahosting.com/

Step by step

Setelah klik link di atas, kita akan berada di halaman utama rumahosting.com
Ada tiga pilihan paket yang bisa kita pilih dan di setiap paket pun masih ada tiga pilihan lagi, jadi silahkan sesuaikan dengan budget. Yang perlu diperhatikan adalah besarnya disk space dan bandwith yang ditawarkan, sesuaikan dengan kebutuhan.
Disk space adalah kapasitas untuk menyimpan file-file dan data-data kita, bandwith (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account kita.
Contoh: Ketika kita menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) kita bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau kita upload gambar/file ke account dan sebagainya.
Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel.
Jika kenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL kita, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

Pilih Paket

Sebagai contoh disini saya akan memilih paket Super Murah, ini paket hosting ya… nanti setelah selesai kita akan ditawari juga untuk membeli domainnya sekalian (ada juga paket yang gratis domain lho). Setelah saya klik, akan muncul banner informasi paket.
Klik Informasi Paket, maka kita akan disuguhi dengan 3 menu paket domain yang murah meriah.
Saya menyarankan untuk cukup memilih Paket Super Murah yang Small, dengan pertimbangan:
  1. Biaya tahunan hanya Rp 35.000
  2. Bandwith sudah cukup besar, dengan 17,5 GB saya pikir 3 subdomain dipakai iklan FB yang kliknya 100 per hari per subdomain masih cukup.
  3. Untuk yang lainnya kayaknya juga cukuplah.
Jadi….. tunggu apa lagi ? Klik “Buy Now”
Setelah klik “Buy Now”, kita akan berada di halaman Konfigurasi Produk yang memberikan kita beberapa pilihan, termasuk pilihan untuk didaftarkan domain baru. Karena belum punya domain, maka saya memilih “Saya mau Rumah Hosting Mendaftarkan Domain Baru untuk saya” seperti gambar berikut:
Lalu ketik nama domain yang diinginkan dan pilih akhiran yang diinginkan (sesuai saran saya sebelumnya, sebaiknya pilih dotkom aja deh). Selanjutnya klik “Lanjutkan” dan kita akan berada dihalaman berikut:
Ternyata yanabrar.com masih tersedia dan saya pilih durasinya 1 tahun saja Rp 100.000 (tadi kita beli hosting ya yang Rp 35.000/tahun sekarang beli domain Rp 100.000/tahun). Sekarang “Lanjutkan”
Akan muncul halaman seperti gambar berikut:
Selanjutnya klik “Perbaharui troli” dan kita akan berada dihalaman berikut:
Tugas kita berikutnya tentunya adalah melakukan pembayaran, jadi klik “Pembayaran”
Kita diharuskan mengisi form Informasi Pelanggan, sebagai berikut:
Silahkan diisi semua, termasuk memilih metode pembayarannya dan jangan lupa untuk mencontreng ketentuan layanan. Tugas terakhir adalah mengklik “Selesaikan Pemesanan” dan muncullah…..
Pada saat transfer jangan pula untuk menulis nomor invoice pada berita transfer ya…. sebab akan memudahkan rumahosting.com untuk memproses pesanan kita.
Boleh kok coba klik “Klik disini untuk masuk ke Client Area”, kalau diminta untuk memasukkan email, masukkan sesuai dengan yang diisi di Informasi Pelanggan termasuk passwordnya.
Selanjutnya akan ada email-email dari rumahosting.com, tinggal diikuti saja.
Kira-kira urutan emailnya seperti gambar di atas:
  1. Customer Invoice # ….. (Informasi pesanan kita dan kemana kita harus transfer)
  2. Konfirmasi Pesanan Baru
  3. Notifikasi Pembayaran Invoice # ….. Kita terima setelah kita melakukan pembayaran dan konfirmasi dengan cara (Pilih salah satu yang mudah) :
    • Khusus BCA, anda bisa menggunakan sistem konfirmasi otomatis dengan cara “Lihat Invoice” yang belum lunas dari dalam Client Area , lalu klik Tombol “Konfirmasi”. Lalu ikuti langkah selanjutnya.
    • Konfirmasi dengan mengirimkan scan/foto dari bukti transfer atau setor melalui email billing@rumahosting.com
    • Konfirmasi lewat SMS dengan cara ” konfirm nama domain bank tujuan No. Invoice ” kirim ke 0812 20 5151 50  
      Contoh
      : ( konfirm namadomain.com mandiri 601029)
    • Konfirmasi melalui e-mail ke billing@rumahosting.com, ticket melalui client area, maupun live chat, lampirkan scan / screenshot bukti pembayaran tersebut.
Petunjuk di atas ada pada email pertama (1).
  1. Konfirmasi Pembayaran Invoice # …..
  2. Informasi Account Web Hosting namadomain.com. Ini email yang paling penting dan perlu dijaga atau jika perlu diprint saja. Email ini berisi username dan password untuk kita login ke cPanel, juga link sementara web kita dan cPanel-nya.
  3. Konfirmasi Pendaftaran Domain namadomain.com.
Kalau kita klik link sementara web kita, maka akan muncul halaman pesan rumahosting.com yang menyuruh kita menghapus file “index.html”. Untuk menghapus file tersebut kita harus login ke cPanel hosting (caranya baca disini), pilih menu “File Manager” lalu “Ok” buka folder “public_html” dan silahkan delete file “index.html”.
Tuntas sudah pelajaran hari ini.
Pelajaran berikutnya adalah cPanel, disini ya…

Yang dicari di sini:

  • contoh invoice komputer (18)
  • contoh invoice pembayaran (12)
  • nama server yang menyediakan layanan disebut (11)

Hosting dan Domain

Untuk dapat memiliki website yang bisa diakses dari jaringan internet dan berkomunikasi (menerima dan mengirim) dengan email dibutuhkan:
  1. Web Hosting
  2. Nama Domain
Web hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan file-file website, email dan database. Nama domain berfungsi sebagai alamat. Ketika pengunjung mengakses nama domain maka domain akan menunjukkan ke server hosting tempat halaman web disimpan.

Cara Membeli Hosting dan Domain

Memilih Nama Domain

Nama domain harus:
  1. Singkat
  2. Mudah diingat dan diucapkan
  3. Sebisa mungkin berkaitan dengan isi website seperti dapurhosting.com
TIPS: Gunakanlah domain .id seperti domain .co.id untuk situs perusahaan (berbadan hukum), .biz.id untuk usaha (belum berbadan hukum), .my.id dan .web.id untuk situs pribadi. Salah satu keuntungan domain .id adalah lebih banyak tersedia nama domain yang cantik ketimbang dengan domain .com

Memilih Paket Hosting

Pilihlah paket hosting sesuai dengan target pengunjung dan besar website (kapasitas).
Bila pengunjung web kebanyakan dari Indonesia, gunakan paket hosting indonesia dan bila kebanyakan dari luar Indonesia, gunakan paket hosting USA.
Mulailah dengan kapasitas hosting yang memadai, kapasitas yang terlalu kecil akan menyebabkan masalah upload dan gangguan lalu lintas email.

Cek Domain

Beli Hosting SajaCek Domain
Catatan: pendaftaran domain .ID dan ANYTHING.ID membutuhkan persyaratan. Klik di sini untuk persyarat domain .ID dan ANYTHING.ID.

Cara Pesan Hosting dan Domain

Jika ingin membeli hosting dan nama domain, kunjungi salah satu laman paket hosting dibawah ini lalu pilih paket yang sesuai dan klik PESAN SEKARANG.
·  Hosting Murah, untuk pemesanan paket hosting murah.
·  Hosting Bisnis, untuk pemesanan paket hosting premium (usaha, bisnis, perusahaan).
·  Reseller Hosting, untuk pemesanan paket reseller hosting.
Jika hanya ingin membeli domain saja, silahkan ke nama domain untuk mencari domain.

Pembayaran Hosting

Setelah selesai melakukan pemesanan, sistem akan secara otomatis mengirimkan invoice atau tagihan yang berisi informasi rekening.
Supaya mempermudah pemeriksaan pembayaran oleh team billing kami, sertakan nomor invoice pada berita acara transfer atau tambahkan tiga digit akhir nomor invoice ke total pembayaran, contoh: total tagihan invoice #12345 adalah Rp 500.000 maka transferlah Rp 500.345.

Konfirmasi Pembayaran

Segera konfirmasikan pembayaran di halaman konfirmasi pembayaran. Kami akan segera memeriksa pembayaran Anda.

Aktifasi Akun Hosting dan Domain

Kami butuh 1-2 jam untuk mengaktifkan akun Anda di jam kerja. Dan butuh waktu yang lebih lama di luar jam kerja.

Paket Hosting & Reseller Hosting

Hosting Murah

  • 300 MB Disk Space
  • 5 GB Bandwidth
  • 1 Addon Domain
Harga mulai
Rp 100.000
per tahun
Detail
Reseller Hosting

  • 2 GB Disk Space
  • 20 GB Bandwidth
  • no limit cPanel
Harga mulai
Rp 50.000
per bulan
Detail

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran || Tambah Wawasan

Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran - Selamat Datang Pengunjung Budiman , Pada Kesempatan Kali Ini Kami Akan Membagikan Beberapa Referensi Bagi Anda Yang Membutuhkan Jenis Usaha Terutapa Bagi Pengangguran . Kami Akan Memberikan 10 Jenis Usaha Sebagai Referensi Sehingga Anda Dapat Memilah Usaha Mana Yang Cocok Untuk Di Jalankan.
Menjadi Seorang Usaha Memang Tidak Enak , Terkadang Kita Hanya Mendapatkan Pekerjaan Musiman Saja Dimana Apabila Lagi Sedang Tidak Musimnya Kita Akan Menganggur Atau Bekerja Ala Kadarnya.

Saat Ini Pengangguran Bisa Menyerang Siapa Saja , Baik Itu Mulai Yang Tidak Sekolah , Lulusan Sd , Smp Dan Sma/Smk Bahkan Orang Yang Sudah Mendapatkan Gelar Sarjana Pun Banyak Yang Menganggur.
Saat Ini Tingkat Persaingan Tenaga Kerja Sangatlah Kuat Dan Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan Terlebih Lagi Bagi Anda Yang Tidak Tamat Sekolah Atau Hanya Mendapatkan Ijasah Maksimal Smp Tentu Hal Ini Menjadi Masalah Yang Sangat Besar.
Baca : Peluang Usaha Sampingan Bagi Pelajar Modal Keci…

Contoh Cover Proposal Skripsi Teknik Informatika

Contoh Cover Proposal Skripsi Teknik Informatika - Membuat cover proposal skripsi merupakan tujuan utama dalam membuat skripsi. Untuk membuat cover skripsi dibutuhkan format penulisan skripsi yang benar, pada artikel ini akan membahas cara membuat cover proposal skripsi pada jurusan teknik informatika pada dengan format bahasa indonesia.

Sebenarnya pada setiap universitas disediahkan format penulisan proposal skripsi tersendiri, adakalanya lain universitas lain juga format penulisan skripsi nya.

Berikut ini adalah contoh cover proposal skripsi jurusan teknik informatika


Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa:Judul       : Huruf besar dengan bentuk pohon vektor dengan hurup arial dan ukuran hurup 14 dan centre                   screen Logo       : Logo warna centre screen dengan ukuran 5 x 5 mm Dibawah logo terdapat tulusan Oleh: dan dibawahnya nama anda dan NPM anda
Selanjutnya pada bagian bawah halaman terdapat jurusan kuliah anda, dan dibawahnya lagi terdapat fakultas perkuliahan anda d…

8 Browser Android Terbaik yang Cepat dengan Fitur Komplit || Tambah Wawasan

Browser Android Terbaik – Saat Ini Aktivitas Browsing Menjadi Kebutuhan Wajib Di Kalangan Masyarakat. Dengan Browsing Kita Dapat Mengetahui Berbagai Macam Hal, Mulai Dari Mempelajari Sesuatu Hingga Sekedar Mencari Berita Yang Tengah Booming Di Masyarakat.


Aktivitas Satu Ini Pun Sekarang Bisa Kita Lakukan Di Mana Saja Dengan Menggunakan Smartphone Android. Sebetulnya Setiap Hp Android Sudah Dibekali Dengan Aplikasi Browser Bawaan, Akan Tetapi Banyak Pengguna Yang Merasa Kurang Puas Dengan Kinerjanya. Entah Itu Lemotlah, Boros Kuota, Berat, Ataupun Banyak Iklan.



Nah Bagi Kamu Yang Mencari Browser Android Tercepat, Ringan, Hemat Kuota, Dan Bebas Iklan, Berikut Beberapa Rekomendasi Terbaik Yang Wajib Dicoba.

Aplikasi Browser Android Terbaik yang Cepat dan Banyak Fitur Menarik
1. Google Chrome
Browser Android Terbaik
Chrome Merupakan Browser Besutan Google Inc. Dengan Aplikasi Ini Kamu Tidak Hanya Bisa Menghemat Kuota Browsing Hingga 50 % Saja, Tetapi Kamu Juga Dapat Menikmati Berbagai Layanan T…