Langsung ke konten utama

Cara membuat Kontak pesan di web atau blog

Cara Membuat Halaman Form Kontak di Blogger - Form kontak merupakan hal yang cukup penting buat saya. Terutama apabila blog yang memiliki banyak pengunjung. Di wordpress, ada banyak sekali plugin yang dimanfaatkan. Di Blogger?

Untuk pengguna blogger mungkin hanya meletakkan email, di halaman contact us kalau tidak begitu ya embed google docs. Padahal seharusnya contact us merupakan sebuah halaman yang bisa dengan cepat memberikan notifikasi kepada pemilik blog. Untuk itu ada baiknya kita buat contact form yang bisa langsung diisi pada halaman tersebut. 

Sekarang, blogger sudah menyediakan widget yang berisi form contact. Sayangnya widget ini hanya bisa ditempelkan pada layout yang ada. Jadi kamu tidak bisa menampilkan widget ini pada halaman khusus blog.
Contact Form Blogger

Apabila kamu ingin meletakakn widget tersebut pada sebuah halaman seperti halaman contact us, kamu harus melakukan sedikit modifikasi pada scriptnya. Kalau kamu pengen menambahkan form tersebut pada halaman contact us, ikuti langkah modifikasi scriptnya pada postingan kali ini :D

Kalau belum punya halaman contact us, pasang saja. Siapa tahu ada tawaran kerja sama menarik yang datang dari halaman tersebut. Karena dengan contact form ini, kamu akan mendapat notifikasi langsung di email yang kamu gunakan untuk membuat blogger. Simak saja langkah-langkahnya di bawah ini.
Membuat Halaman Kontak di Blogger
Karena secara default, contact form ini hanya bisa digunakan sebagai widget, kita perlu melakukan beberapa trik supaya contact form ini bisa digunakan di sebuah halaman. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama. Karena ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan
Menambahkan Widget
Langkah pertama, kita harus menambahkan widget contact form kedalam halaman yang kita buat. Caranya, buka halaman layout > Add gadget > Contact Form. Letakkan di sembarang tempat. Apabila kurang jelas, coba lihat gambar di bawah ini
Menambahkan Widget Contact Form
Modifikasi Widget
Setelah berhasil menambahkan widget, selanjutnya kita buka menu template dan pilih edit html. Cari widget yang bernama ContactForm. Setelah menemukannya, hapus kode di bawah ini

hapus kode diatas pada html editor template

Setelah mengambil kode yang saya tandai diatas, sekarang saatnya membuat sebuah halaman contact form. 

Membuat Halaman Kontak
Buka menu Page / Halaman, apabila sebelumnya sudah ada halaman kontak edit saja. Pilih mode html, lalu paste copy dan paste kode di bawah ini. 
123456789101112<div class="contact-form-widget">
<div class="form">
<form name="contact-form">
<data:contactformnamemsg>
       
        <input class="contact-form-name" expr:id="data:widget.instanceId + "_contact-form-name"" name="name" size="30" type="text" value="" />
        </data:contactformnamemsg><br />
<data:contactformemailmsg> <span style="font-weight: bolder;">*</span>
        <input class="contact-form-email" expr:id="data:widget.instanceId + "_contact-form-email"" name="email" size="30" type="text" value="" />
        </data:contactformemailmsg><br />
<data:contactformmessagemsg> <span style="font-weight: bolder;">*</span>
Sehingga akan tampak seperti gambar di bawah ini. Kode di bawah ini sudah ada modifikasi dari saya sehingga apa yang ada pada blogspotmu mungkin akan sedikit berbeda.
Halaman Kontak Form
Setelah itu, coba publish halaman contact form yang sudah kamu buat. Apa yang muncul di halaman tersebut? Mungkin tampilannya akan berbeda dengan halaman contact form saya, karena pada halaman milik saya ada modifikasi css sehingga bisa jadi tampak lebih cantik dari halaman milik kamu :D. Saya juga menambahkan icon dari fontawesome.
Halaman Kontak Saya
Kamu bisa belajar menggunakan bootstrap apabila ingin mempercantik halaman tersebut dengan bootstrap. Karena bootstrap sudah menawarkan bentuk form yang cukup cantik menurut saya. Tidak ada salahnya untuk dicoba :)

Mungkin cukup sekian tutorial dari saya tentang pembuatan halaman contact form pada blogspot. Karena pada dasarnya blog saya ini juga menggunakan blogspot yang saya belikan domain sehingga menggunakan custom domain blogger dengan domain TLD.
Semoga tutorial singkat diatas bisa membantu teman-teman blogger belajar bagaimana caranya membuat contact form di sebuah halaman.

Hampir kelupaan, jangan lupa testing yak setelah mencobanya. Berikut hasil testing saya terhadap contact form diatas. Pesan berhasil diterima oleh akun gmail yang digunakan untuk membuat blog tersebut. Semoga berhasil :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran || Tambah Wawasan

Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran - Selamat Datang Pengunjung Budiman , Pada Kesempatan Kali Ini Kami Akan Membagikan Beberapa Referensi Bagi Anda Yang Membutuhkan Jenis Usaha Terutapa Bagi Pengangguran . Kami Akan Memberikan 10 Jenis Usaha Sebagai Referensi Sehingga Anda Dapat Memilah Usaha Mana Yang Cocok Untuk Di Jalankan.
Menjadi Seorang Usaha Memang Tidak Enak , Terkadang Kita Hanya Mendapatkan Pekerjaan Musiman Saja Dimana Apabila Lagi Sedang Tidak Musimnya Kita Akan Menganggur Atau Bekerja Ala Kadarnya.

Saat Ini Pengangguran Bisa Menyerang Siapa Saja , Baik Itu Mulai Yang Tidak Sekolah , Lulusan Sd , Smp Dan Sma/Smk Bahkan Orang Yang Sudah Mendapatkan Gelar Sarjana Pun Banyak Yang Menganggur.
Saat Ini Tingkat Persaingan Tenaga Kerja Sangatlah Kuat Dan Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan Terlebih Lagi Bagi Anda Yang Tidak Tamat Sekolah Atau Hanya Mendapatkan Ijasah Maksimal Smp Tentu Hal Ini Menjadi Masalah Yang Sangat Besar.
Baca : Peluang Usaha Sampingan Bagi Pelajar Modal Keci…

Contoh Soal Psikotes Bank (Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BTN) Jawabannya Seri Deret, Matematika 2016

Contoh Soal Psikotes Bank (Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BTN) Jawabannya Seri Deret, Matematika
Kembali lagi kami update soal-soal psikotes terbaru sebagai latihan dalam persiapan seleksi lowongan kerja. Kali ini kami akan memberikan contoh soal psikotes bank secara gratis dan tidak perlu di download (ebook pdf). Soal latihan ini berisi soal psikotes seri deret dan matematika yang sering ditanyakan dalam ujian di bank seperti psikotes bank Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BTN dan berlaku juga untuk yang syariah.
Contoh Soal Psikotes Bank (Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BTN) Jawabannya Seri Deret, Matematika
Kisi-kisi soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan tidak ketinggalan pembahasan soalnya. Dan soal-soal psikotes ini merupakan bagian kecil dari paket kunpulan soal psikotes klik disini

Baiklah langsung kita ke topik kita mengenai soal-soal psikotes bank. Contoh Soal Psikotes Bank (Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BTN)
01. 8, 17, 33, …, …, 257.
Bilangan yang tepat untuk mengisi tit…

Cara edit foto Blur effect seperti Kamera SLR [ PicsayPro ]

ASSALAMUALAIKUM ! hai sobat bog ! Salam Alwi art !
Balik lagi nih sama saya si so' editor tapi editannya jelek :D .


Kalian pernah melihat foto blur yang keren spt yang diatas ?? Dan kalian mau foto seperti itu tapi gak punya kemera untuk memotret nya ??? Yaa kalo kalian punya kamera bersukurlah kalian :). Tapi buat temen temen yang gak punya kamera dan cuman punya hape ANDROID , saya punya solusinya ! :D wow !! Hehe .. Kalo buat foto objek objek kecil spt pensil , jari tangan Dll itu masih bisa pake auto fokus dari bawaan hape , tapi untuk objek yang besar atau jauh seperti foto orang itu sulit kalo pake auto fokus bawaan hape.  Nih conto hasilnya :

Walaupun tidak sebagus hasil kamera SLR tapi lumayan lah.. hehe  Pake aplikasi apa ??? Ya ! PicsayPRO ! Memang aplikasi ini salahsatu aplikasi edit foto yang mengambil hati saya hehe selain mudah untuk edit foto aplikasi ini juga hemat memori guys! 
Yuk langsung saja !  
Bahan bahan :  1. Apk PicsayPro, Download disini. 2. Foto yang mau di edit
C…