Kamis, 24 Januari 2013

Transpakuan Mobile | Juara 3 #LumiaAppsOlympiad

Hmmm... Sekarang udah mulai jarang ngisi tutorial dan curhat di blog. Sebenarnya ada banyak sekali bahan dan curhatan yang mau saya share disini. Tapi ya ya yaa.... Saya itu orangnya mood mood-an kalo lagi gak mood jadi malas ngapa-ngapain dan selera makan-pun jadi bertambah!! #loh?

Nah untuk mengisi postingan kali ini saya cuman mau sekedar 'pamer' aplikasi yang kebetulan hari ini baru ke submit di Windows Phone Store. Kalo bikin aplikasinya sih udah lama dan kmaren juga udah dilombakan di ajang #LumiaAppsOlympiad dan alhamdulillah dapet juara 3 kategori Nokia Maps.

Untuk ulasan lengkap mengenai aplikasinya, teman-teman bisa kunjungi website kami di http://coffee-dev.com/ kebetulan sudah saya ulas disitu. Jadi gak usah lagi saya ulas disini oke!

Berikut dokumentasi dan screenshoot aplikasinya :

Bersama rekan [separuh] coffee-dev

Screenshoot Transpakuan Mobile
Halaman Utama

Halaman Rute

Hasil Direction


Tweet @transpakuan


Direction dari Rute

Aplikasi ini sudah tersedia di Windows Phone Store. Jadi bagi kamu yang punya Windows Phone 8 dan ingin men-download aplikasinya, bisa kamu download di http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/transpakuan-mobile/

Semoga aplikasinya bermanfaat ^^





Selasa, 15 Januari 2013

Djoker | Djomblo Keren



Djoker?? Apaan tuh?? Haha... Itu nama geng gw selagi SMA. Ini geng kecil kira-kira mewakili seluruh SMA yang ada di Kota Bengkulu Selatan (Kecuali SMAN 5 Bengkulu Selatan). Anggotanya ada yang dari SMAN 1 Bengkulu Selatan, SMAN 2 Bengkulu Selatan dan SMAN 3 Bengkulu Selatan. Jadi ini geng awalnya diisi sama jomblowan yang gak ada kerjaan di malam minggu. Yaa namanya aja jomblo, disaat orang lain pada ngapel kerumah 'demennya' ini para jomblo malah jadi bingung malam minggu mau ngapain? Jadinya kerjaannya cuman ngumpul-ngumpul, nyewa DVD, beli martabak dan gangguin orang yang lagi ngapel! Huahahahaa.....

Tapi yaa namanya juga jomblo-jomblo keren, jadi jomblonya gak lama-lama amet. Tapi kocaknya pas malam mingguan biasanya kita bareng-bareng ngapelnya. Kadang-kadang nemenin gw, kadan temen yang satunya dan kadang lagi gak ngapel demi ngumpul bareng! Huahaha... Kasian si pacar ditinggal :p

Berikut personilnya dan sedikit cerita tentang mereka :

1. Endy Kurniawan (Akutansi, UNIB)


Nahhh ini bocah dari SMAN 1 Bengkulu Selatan. Ini bocah yang paling gak jelas, pacarnya pun gak jelas. Gak ngomong-ngomong tiba-tiba udah jadian aja sama anak SMP. Wkwk, ini bocah orangnya teratur banget gak kayak gw acak-acakan dan gak suka diatur. Ini anak kalo diajak 'Panco' pasti menang terus, kaga tau gw kok tangannya bisa kuat banget kalo diajak panco??!! Huahaha.... Oyya si Endi ini temennya banyak banget yang preman, yang preman-preman di SMP maupun di SMA sepertinya berteman akrab sama ini bocah. Kejadian yang paling gw inget dari ini bocah pas dia putus sama pacarnya yang SMP itu. Nah pas dia pengen balikan ternyata si cewe-nya udah punya pacar dan sialnya pacar si cewe-nya itu malah ngancem si Endi supaya gak deket-deket lagi sama itu cewe. Hampir tauran tuh kmaren, si Endi udah ngajak temen-temennya yang preman buat ngasih pelajaran ke itu cowo yang sok preman! Tapi usut demi usut gak jadi berantem, soalnya ketahuan ternyata pacarnya si cewe itu (yang ngancam) tadi ternyata temen kita sendiri yang pastinya bukan personil dari geng Djoker ini. Tapi lumayan dekatlah sama kita-kita. Ckckck

2. Yudha Ginanjar Somantri (Teknik Sipil, UNIB)


Ini bocah yang bikin seru di geng, orangnya kocak banget sumpah! Dia pindahan dari Kota Bengkulu, jadi awal kenal si Yudha dia sering pake bahasa Bengkulu. Rada aneh sih, tapi ujung-ujungnya dia jadi jago pake bahasa Manna. Si Yudha ini gampang banget nyari temen, gaul banget deh pokoknya. Walaupun awal-awal sedikit sulit untuk menggunakan bahasa Manna tapi tidak menjadikan dia sulit dalam bergaul dan mencari teman. Si Yudha orangnya asik, pinter, pekerja keras dan dapat dipercaya. Kemarin saya cerita masalah pribadinya disini, maaf ya Yud gw pikir gpp. Gw orangnya ceplas-ceplos sih, jadi kadang nggak mikir dari sudut pandang orang lain itu bagus apa nggak. Yaa walaupun si Yudha nya juga bilang gpp sih. hoho

3. Ozi Priawadi (Ilmu Komputer, IPB)


Nahh kalo ini gw!! Haha, jadi gak usah terlalu panjang lebar. Kalo gw dari SMAN 2 Bengkulu Selatan. Basecamp-nya anak-anak Djoker biasanya di rumah gw, tepatnya di Kamar gw! Kebetulan kamar gw lumayan gede untuk menampung anak-anak Djoker, tapi kadang-kadang ke rumahnya si Endi. Soalnya di rumahnya lengkap, ada DVD, PS 2, Tivi-nya gede! Jadi bisa puas nonton disana, tapi sayang kamarnya kecil jadi biasanya kalo di rumah Endi kami tidurnya di ruang Tivi. Nahh di antara personil Djoker mungkin yang paling open sama hal cewe, sepertinya gw! Yaa apa boleh buat, pacar gw kmaren kebetulan dari SMAN 1 BS dan temen mereka juga yang dari SMAN 1 BS. Kami kan biasanya ngumpul pas malam minggu tuh, nahh pas gw udah punya pacar biasanya mereka nemenin gw ngapel dulu ke rumah pacar gw. Biasalah "Pacar Pertama" jadi gw masih kaku banget, kalo dibilang pengalaman lebih pengalaman pacar gw soalnya pas pacaran sama gw dia udah punya 6 mantan kalo gak salah atau 8??!! Muahahaa..... Jadi lebih dewasaan dia dibanding gw. Hehe... Kmaren waktu Valentine gw sempet minta tolong sama personil Djoker buat ngasih kado ke si dia, soalnya gw gak berani datang ke rumahnya n ngasih tuh kado. Biasanya pas Valentine orang-orang ngasih cokelat ke cewe-nya, nahh gw kmaren bingung mau ngasih apa? Kalo ngasih cokelat sepertinya biasa, jadi sama kayak orang-orang biasanya. Akhirnya gw minta bantuan n saran sama temen cewe dikelas dan hasilnya kata mereka dikasih "Diary" aja biar beda sama yang lain. Hmm.. Karena gw gak jago dalam beli membeli Diary alhasil gw suruh itu temen cewe yang satu kelas sama gw buat beli n milih Diarynya sekaligus langsung dibungkus pake kado. Awalnya dia gak mau, tapi setelah gw janjiin ngasih cokelat ke dia akhirnya mau juga! Haha dasar ya! Karena grogi buat ngasih ke dia akhirnya gw minta bantuan personil Djoker buat kerumah si dia n ngasih itu kado. Padahal gw ikut juga, tapi minta diturunin di gang yang lumayan jauh dari rumah si dia. Jujur pas dikasih ke si dia gw kaga tau gimana bentuk itu Diary (Ampe sekarang juga gak tau :p). Tapi itu sudah jadi kenangan, soalnya sekarang udah jadi mantan. :p

4. Fandi Achmad Prasetyono (Teknik Elektro, UNPAK)

Kalo si Fandy ini tipe orangnya setia banget sama pacarnya. Biasanya kan kalo orang pacaran itu pacarannya sama cowo or cewe-nya aja. Nah kalo ini bocah sekalian macarin keluarganya! Lah gimana tuh? Haha, jadi ini bocah tiap pacaran pasti juga deket sama anggota keluarga si doi. Seperti Ibu, Ayah, Kakak n Adek doi-nya tersebut. Jadi udah deket bangetlahh sama mereka. Bahkan orang tua si Fandy juga udah deket banget sama keluarga si doi. Beda banget sama gw! Kalo gw pacaran biasanya cuman deket sama si doi doang, gak berani buat deket-deket sama keluarga si doi. Takut kalo gak jadi ntar, jadi gimanaaa gitu. (Alesan gak berani) Hehe.... Kemaren hubungan pertemanan gw sama si Fandy sempat memanas, tenanggg.... sekarang udah reda. Gw ketemu sama Fandy biasanya di Manna. Kmaren sempat ketemu di Manna pas gw lagi lebaran kerumahnya dan sempat juga ngumpul bareng Fandy n temen-temen SDN 22 Manna pas lagi liburan. Kalo di Bogor udah jarang banget ketemu, soalnya si Fandy tinggalnya di Kota sedangkan gw di pelosok Bogor. Lagian udah gak enak maen sama dia, takut ganggu dia pacaran! Huahahaaaa.....

Dan sekarang dari semua personil DJOKER yang masih tetap kekeuh sama status "JOMBLO" cuman gw doang! Dari ketiganya yang gw tau udah mendapatkan tambatan hati-nya masing-masing. Yahh apa boleh buat, ampe sekarang masih belum kepikiran buat pacaran. #ahh bilang aja gak ada yang naksir!! Wkwkwk :p

Sedikit dokumentasi pas SMA (Minus Endy, si Endy jadi photografer soalnya :p) :






Sabtu, 12 Januari 2013

IMBR 46


IMBR 46 (Ikatan Mahasiswa Bumi Rafflesia) angkatan 46. Apa itu IMBR 46? Haha, sebelumnya gw perkenalkan dulu apa itu IMBR biar gak pada nanya. IMBR adalah Organisasi Mahasiswa intra DAerah (OMDA) dari provinsi Bengkulu yang kuliah di IPB. Bengkulu sendiri punya beberapa kabupaten yang masing-masing kabupaten tersebut tergabung dalam OMDA IMBR, diantaranya Manna, Curup, Argamakmur dan kota Bengkulu itu sendiri. Untuk setiap tahunnya rata-rata dari provinsi bengkulu ada sekitar 20-an orang yang keterima di IPB. Nahh untuk angkatan 46 juga sama, tapi karena ada beberapa yang gak jadi ngambil IPB jadi jumlahnya berkurang dan mirisnya untuk angkatan 46 cuman ada 2 orang cowo! (eh 3 ding, yang satu masuk OMDA BANDUNG karena dia emang cuman 1 tahun sekolah di Bengkulu). Karena cowo-nya cuman 2 orang yang aktif, jadi bisa dibayangin aja gimana di'perbudak'nya 2 orang cowo tersebut kalau lagi ada acara kumpul 46. Apalagi kalau diajak sparing FUTSAL per-angkatan? Walahh udah pasti mampus tuh 2 lawan 11!! wkwkwk

Sampai sekarang angkatan 46 yang aktif di IMBR cuman beberapa orang, yang lainnya mungkin pada sibuk dengan kegiatannya di departemen mereka masing-masing. Tapi yang ini gw list yang gw kira masih aktif, walaupun sebagian gw gak pernah ngeliat mukanya :p

1. OZI PRIAWADI (ILKOM) aka Mantan Ketua OMDA
Nah kalo yang ini gw sob! Jadi gak usah panjang lebar ngebahasnya. Huahaha.... Kebetulan kmaren gak sengaja jadi Ketua OMDA IMBR dan menjadi ketua yang paling ganteng sepanjang sejarah pastinya!! Muahahaha (#Narsis)

2. FERDY GUSTIAN UTAMA (ITK) aka Mantan Wakil Ketua OMDA
Kalo yang ini "My Broh" banget pokoknya! Apa boleh buat, teman gw yang cowo di OMDA yang satu angkatan cuman dia doang! Ini orang aktif banget di organisasi, kalau ditanya tentang organisasi gw kalah jauh dari dia. Si Ferdy orangnya penyabar banget dan dewasa! Dia udah gw anggap kayak kakak gw, walaupun satu angkatan sama gw. Soalnya mukanya lebih tua dari gw! Muahahaha (#piss fer :p)

3. SARAH FITRIANI (BIOKIMIA) aka Mantan Sekretaris OMDA
Nahh kalo yang ini MoodBooster gw di OMDA (#Hehe). Orangnya sih pendiem bahkan lebih parah dari gw (:p), tapi orangnya rajin dan ulet banget. Kalo dikasih kerjaan pasti cepat selesai sama dia. Dan sepertinya si Sarah cukup populer di kalangan anak biokimia. Bayangin aja, tiap gw ketemu sama temen gw yang dari biokimia pasti ceritanya gak jauh-jauh dari Sarah Sarah dan Sarah. Ckcck, yaaa wajar juga sih si Sarah itu orangnya emang pinter, baik, rajin walaupun kmaren sempat kecelakaan di wajahnya tapi perasaan sekarang wajahnya jadi makin bening. XD

4. LIDYA ELIDA (GFM) aka Mantan Bendahara OMDA
Kalo si Lidya itu orangnya sibuk banget sama kuliahnya. Ampe jarang banget ikutan kumpul, ketemu sama Lidya paling di deket-deket 0FAC sama temen-temen GFM-nya lagi ngerjain tugas. Tapi kmaren kebetulan ketemu sama Lidya lagi jalan sama cowo di Alfa Midi. Hayo lhoo itu siapa lid? Jangan-jangan? Cieee.... XD

5. INDAH PUSPITA SARI (SIPIL) aka Mantan Kadiv KOMINFO OMDA
Nahh kalo si Indah ini kebalikannya si Sarah, kalo si Sarah pendiem.. Kalo yang ini ngerocos cos cos! Haha,  kalo udah gabung sama si Indah suasananya jadi makin heboh. Si Sarah yang pendiam-pun bisa jadi 'heboh' kalo deket-deket sama indah. Baru ketauan ternyata si Sarah bisa heboh juga pas lagi bareng Indah. Hehe, kmaren sempat seru-seruan sama mereka. Dari Botani Square, Daiji Ramen sampai Karaokean di Ekalokasari Plaza semaleman! Wihh seru deh pokoknya.... Oyya si Indah ini jago "perkusi" lhoo...

6. UTHU DWIFITRI (GIZI) aka Mantan Kadiv HUMAS OMDA
Panggilannya "imut", halahh itu nama panggilan dapet darimana? Namanya jelas-jelas "Uthu Dwifitri" tapi kok minta dipanggil "imut"? Wkwkwk, gw kenal si Uthu pas di IPB. Padahal sama-sama dari Manna, beda SMA doang! Tapi sepertinya emang gw-nya yang gak gaul. Hoho, kalo si Uthu ini orangnya 'tukang gosip' sama 'mak comblang' juga! Udah berapa kali gw dicomblangin sama dia, tapi gak pernah mempan! haha :p

7. FEFI SANDRA JUWITA (ITP) aka Mantan Kadiv Danus OMDA
Kalo yang ini temen ceng-cengan gw dari SMA! Tiap ketemu pasti gw cengin, kasian yah? haha, sebelum masuk IPB rencananya si Fefi mau masuk Ilmu Gizi tapi gw bilang "Ahh lw gak cocok masuk Ilmu Gizi fef! Lw-nya kurang gizi gitu masak mau masuk Ilmu Gizi? huahahaa", ehh tapi akhirnya dia masuk Pangan gak jadi ngambil Ilmu Gizi! wkwk, ada lagi nih kalo lagi jalan dan ada angin kenceng gw langsung bilang "Ehh hati-hati fef, ntar lw terbang lhoo, tinggal gw pakein tali jadi layang-layang lw! Hahaha" (#piss)

8. MEI RINI SAFITRI (GIZI) aka Mantan Kadiv Olahraga dan Budaya OMDA
Wihh kalo si Mei kmaren gw ceng-cengin sama temen TPB gw! Wkwkwk, tiap ketemu sama si Mei, gw pasti bahas temen TPB gw itu. Kebetulan temen TPB gw itu dari Gizi juga, satu kelas sama si Mei. Tiap gw ceritain si Mei pasti senyum-senyum gak jelas! Wkwk, tapi sekarang si Mei udah punya pacar lho. Tapi bukan sama temen TPB gw itu! Haha

9. AYU BUDIARTI (FKH) aka Mantan Kadiv PSDM OMDA
Nama panggilannya 'Ayu', ini anak paling susah ditemuin dan jarang banget ngumpul-ngumpul sama kita-kita. Gak tau apa sibuk sama kuliahnya apa sibuk pacaran? Wkwk, tapi sepertinya emang FKH itu rata-rata anak-anaknya pada sibuk. Bayangin aja, denger-denger katanya tiap sabtu anak-anak FKH ada ujian! Wihhh.... Gak kebayang kalo ILKOM kayak gitu? Ckck

10. YOLANDA AYU RIZKI (MSP)
Nahh kalo ini 'Ayu 2', kalo yang diatas Ayu dari Manna, kalo yang ini Ayu dari Kota Bengkulu. Si Ayu juga jarang kumpul, tapi kalo IMBR lagi ada sumbangan misalnya pengen ikutan GENUS, dia pasti ngasih dan minta maaf kalo jarang ngumpul. Gw liat-liat si Ayu ini pemain Basket lhoo! Wihhh... Kerenn,,

11. WINDA PRATIWI (MANAJEMEN)
Namanya 'Winda', kalo dilihat sekilas sepertinya orangnya Sombong banget! Bayangin aja tiap ketemu gw padahal udah jarak beberapa meter dari dia, dia gak pernah nyapa or senyum kek. Dan ternyata bukan hanya gw yang ngalamin itu, kakak kelas IMBR juga bilang begitu. Tapi ujug-ujug ada yang bilang kalo mata si Winda itu udah gak normal, jadi dia susah buat ngenalin orang walaupun orang itu udah di depan dia. Wah berarti gw udah salah menilai Winda. Hehe, tapi pas udah kenal sama si Winda orangnya asik kok dan kebetulan gw sering satu kelas sama dia di Minor Agribisnis.
 
12. ELVIRA YUNITA (BIOKIMIA)
Nahh kalo ini anak orangnya SUPER SIBUK! Banyak banget organisasi yang dia ikutin. Gak tau deh dia sibuk di organisasi mana aja. Tapi yang gw tau dia sibuk ngajar, DPM, dan sekarang jadi Senior Residence Asrama Putri. Wihh... Keren banget deh pokoknya. Gw jarang ketemu sih sama si nita, kmaren pas di Manna sempat ketemu sama Tantenya Nita pas lagi nyari tiket buat ke Bogor. Katanya "Kalo si Nita di kampus sibuk pacaran, langsung lapor sama tante ya!" Huahaha, tuh nit jangan sibuk pacaran kata si tante! :p

13. VIOCI VESA DENIA (IKK)
Si Vioci juga jarang ngumpul, tapi kamren katanya dia mau sesekali ngumpul tapi gak enak. Soalnya selama ini dia gak pernah ngumpul. (Tenang aja ci, kalo mau ngumpul ngumpul aja. Gak usah malu, kita semua keluarga :)). Kalo denger nama Vioci gw pasti inget sama temen TPB gw namanya 'Amah', satu jurusan sama si Vioci. Yang bikin gw inget sama si Amah itu karena 'Suaranya'. Ihhh aneh banget kayak bocah! Hahaha, tiap chat or komen sama si amah pasti gak jauh-jauh bilang kalo 'Amah itu KARUT!'. Tapi emang karut sih! huahaha piss ma :)

14. INDAH ALSITA (ESL)
Gw lupa-lupa ingat sama mukanya si Indah. Kmaren pernah liat pas awal-awal ngumpul pas TPB si Indah pernah datang kalo gak salah. Sesekali pernah ketemu sama si Indah, tapi gw ragu-ragu buat nyapanya. Takut salah orang! Hahaa

15. GRACE M R TAMBUPOLON (ITP)
Aduh si Grace ini gw kaga tau gimana bentuknya. Selama TPB pas ngumpul-ngumpul OMDA perasaan gak pernah ketemu sama si Grace. Apa karena gw-nya aja yang gak gaul, jadi kaga tau? Huhu

16. LESTARI DWI ASIH (MATEMATIKA)
Nahh yang ini gw juga kurang tahu, padahal satu Fakultas lhoo sama gw? Aduh gw gimana sih? Ckckck, wahh perlu dicari nih identitas si Lestari Dwi Asih! Wkwkwk :p

17. KEMAL PRABOWO (FISIKA)
Kalo ini bocah udah jadi ex.IMBR soalnya dia udah gabung sama OMDA BANDUNG. Jadi cowo di IMBR 46 cuman gw sama Ferdy deh (#sedih). Tapi wajar juga sih, soalnya dia di Bengkulu cuman satu tahun. Pas kelas 3 doang, jadi wajar aja kalo dia gabung sama OMDA yang emang tempat dia dari kecil.

18. SAIMA MEGA PUTRI MANURUNG (KIMIA)
Nahh kalo si 'Mega' ini gw bener-bener blank, kaga tau sama sekali mukanya gimana! Haha, tapi yang gw tau kmaren pas semester 1 dari seluruh anak IMBR 46 yang IP-nya yang paling tinggi yaa si 'Mega' ini! Wihh hebat ya? Mungkin alasan dia jarang ngumpul karena dia sibuk belajar? Hmm... bisa juga? Ehh gw sok kenal nih, padahal gw kaga tau nama panggilannya Mega or Saima or Putri or Manurung? :p


Minggu, 06 Januari 2013

T-SMS | Aplikasi SMS untuk Tunanetra Berbahasa Indonesia | Android

Hay hay teman-teman semua, udah lama sekali sepertinya saya gak bikin postingan. Biasaaa admin lagi [sok] sibuk! BTW Selamat Tahun Baru 2013! #MainKembangApi (Walaupun telat tapi gpp soalnya ini postingan pertama di tahun 2013). Hehe

Nahh kali ini postingan saya tentang aplikasi yang saya bikin. Namanya T-SMS | Aplikasi SMS untuk Tunanetra Berbahasa Indonesia berbasis Android. Aplikasi ini rencananya ditujukan untuk tunanetra yang kesulitan dalam mengetik SMS di Handphone. Jadi nantinya si pengguna tinggal mengeluarkan suara dan aplikasi otomatis mengubah suara tersebut dalam bentuk teks. Tidak hanya itu saja, supaya si pengguna yakin apakah aplikasinya sudah menulis dengan benar, aplikasi dilengkapi dengan fungsi mengubah teks menjadi suara sehingga apa yang tertulis akan dikeluarkan dalam bentuk suara. Tapi dalam penggunaannya juga bisa dipake sama khalayak umum sih (:p) dan yang pasti aplikasinya menggunakan Bahasa Indonesia!

Berikut Screenshoot aplikasinya :

Logo Aplikasi
Splashscreen Aplikasi T-SMS

Halaman Awal

Halaman Menerima Inputan Suara dari Pengguna
  
Halaman Memroses Suara Pengguna

Hasil Proses Suara dalam Bentuk Teks

Keterangan : 
- Button dikotak merah fungsinya untuk mengubah suara menjadi teks
- Button dikotak ungu fungsinya untuk mengubah teks menjadi suara
- Button dikotak kuning fungsinya untuk mengirim SMS

Sebenarnya masih banyak banget yang belum saya tambahkan di aplikasi ini, kalau aplikasinya hanya seperti ini sepertinya tunanetra juga masih kesulitan menggunakan aplikasinya. Rencananya nanti pengen dibikin seperti SIRI jadi gak ada button-button lagi. Pengguna tinggal memerintahkan aplikasinya dengan menggunakan suara jadi seperti ada timbal balik antara pengguna dengan aplikasinya gitu. Tapi sepertinya sulit, apalagi bikin corpus-nya!! Butuh duit banyak brohh!! Muahahaha... :p

Oyya, yang belum sempat saya tambahkan di aplikasi ini :
1. Ngambil Contact Number di Phonebook
2. Memindahkan semua kotak masuk ke dalam aplikasi, sehingga aplikasi juga bisa melihat kotak masuk yang ada di handphone tersebut dan mengubahnya ke bentuk suara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi ini sebenarnya saya ikutkan untuk PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta) saya dan teman-teman tapi karena projek NLP (Neuro-Linguistic Programming) juga tentang pemrosesan suara jadi saya jadiin buat projek NLP juga dan sepertinya SKRIPSI saya juga tentang pemrosesan suara!! Jadi aplikasi ini merupakan step buat bikin projek PKM - NLP sama SKRIPSI!! #muahahahaha......

Yasudah, mungkin cuman itu saja. Mau bergegas nyari teman buat belajar, besok besok udah UAS choyy...!!! BTW mohon doanya ya teman-teman moga UAS-nya lancar. Aminn.... ^^

Ehh hampir lupa, kalo ada masukan bisa dikomen aja dimari. Siapa tau bisa sebagai masukan bagi saya untuk perbaikan aplikasinya kedepan :)


Popular Posts