Langsung ke konten utama

Install OpenCV dengan Visual C++ | Visual Studio

Setelah kemaren saya panjang lebar menjelaskan apa itu OpenCV. Nahh untuk postingan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan bagaimana cara menginstall OpenCV dengan Visual C++ pada Visual Studio. Gimana caranya? Cekibrott....

1. Download OpenCV setelah itu install. Lalu buka Microsoft Visual Studio (Mau yang 2005, 2008, ataupun 2010 sama aja).
2. File -> New -> Project
3. Setelah itu pilih Win32 Console Application
4. Beri nama OpenCV (Bisa diganti sesuka kamu)


5. Setelah itu kita setting Project Directories


Pada Microsoft Visual Studio 2005 & 2008
Tools -> Options -> Projects and Solutions -> VC++ Directories
Pada Microsoft Visual Studio 2010
Project -> Properties -> Configuration Properties -> VC++ Directories




Selanjutnya kita include :
- Include Directories tambahkan 'C:\OpenCV2.1\include\opencv;'
- Library Directories tambahkan 'C:\OpenCV2.1\lib;'
- Source Directories tambahkan 'C:\OpenCV2.1\src\cv; C:\OpenCV2.1\src\cvaux; C:\OpenCV2.1\src\cxcore; C:\OpenCV2.1\src\highgui; C:\OpenCV2.1\src\ml;'

Setelah itu jangan lupa setting Linker :
Linker -> Input -> Additional Dependencies
Untuk Debug Builds tambahkan 'cv210d.lib; cxcore210d.lib; highgui210d.lib;'
Untuk Release Builds tambahkan 'cv210.lib; cxcore210.lib; highgui210.lib;'

6. Buat program (Misalnya menampilkan gambar, sebelumnya copy file gambar ke project yang sudah dibuat)


#include "stdafx.h"
#include <cv.h>
#include <cxcore.h>
#include <highgui.h>
int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[])
{
        IplImage *img = cvLoadImage("funny-pictures-cat-goes-pew.jpg");
        cvNamedWindow("Image", CV_WINDOW_AUTOSIZE);
        cvShowImage("Image", img);
        cvWaitKey(0);
        return 0;
}

Nanti hasilnya kira-kira seperti ini :



Keterangan :


- cvLoadImage : Fungsinya untuk membaca citra. Fungsi ini dapat membaca citra dalam berbagai format seperti BMP, DIB, JPEG, JPE, PNG, PBM, PGM, PPM, SR, RAS, and TIFF.
- cvNamedWindow : Fungsinya untuk membuka window pada layar yang akan berisi citra untuk ditampilkan.
- CV_WINDOW_AUTOSIZE : Properti dari window yang akan mengatur ukuran window sama dengan ukuran citra yang akan ditampilkan.
- cvShowImage : Fungsinya untuk menampilkan citra pada window yang telah dibuka.
- cvWaitKey : Fungsinya akan meminta program untuk berhenti dan menunggu keystroke. Jika argumen yang diberikan positif, program akan menunggu selama milidetik argumen. Jika argumen diatur ke 0 atau ke angka negatif, program akan menunggu sampai suatu tombol ditekan.

Sumber : biomaterial.lipi.go.id






Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran || Tambah Wawasan

Contoh Peluang Usaha Bagi Pengangguran - Selamat Datang Pengunjung Budiman , Pada Kesempatan Kali Ini Kami Akan Membagikan Beberapa Referensi Bagi Anda Yang Membutuhkan Jenis Usaha Terutapa Bagi Pengangguran . Kami Akan Memberikan 10 Jenis Usaha Sebagai Referensi Sehingga Anda Dapat Memilah Usaha Mana Yang Cocok Untuk Di Jalankan.
Menjadi Seorang Usaha Memang Tidak Enak , Terkadang Kita Hanya Mendapatkan Pekerjaan Musiman Saja Dimana Apabila Lagi Sedang Tidak Musimnya Kita Akan Menganggur Atau Bekerja Ala Kadarnya.

Saat Ini Pengangguran Bisa Menyerang Siapa Saja , Baik Itu Mulai Yang Tidak Sekolah , Lulusan Sd , Smp Dan Sma/Smk Bahkan Orang Yang Sudah Mendapatkan Gelar Sarjana Pun Banyak Yang Menganggur.
Saat Ini Tingkat Persaingan Tenaga Kerja Sangatlah Kuat Dan Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan Terlebih Lagi Bagi Anda Yang Tidak Tamat Sekolah Atau Hanya Mendapatkan Ijasah Maksimal Smp Tentu Hal Ini Menjadi Masalah Yang Sangat Besar.
Baca : Peluang Usaha Sampingan Bagi Pelajar Modal Keci…

8 Browser Android Terbaik yang Cepat dengan Fitur Komplit || Tambah Wawasan

Browser Android Terbaik – Saat Ini Aktivitas Browsing Menjadi Kebutuhan Wajib Di Kalangan Masyarakat. Dengan Browsing Kita Dapat Mengetahui Berbagai Macam Hal, Mulai Dari Mempelajari Sesuatu Hingga Sekedar Mencari Berita Yang Tengah Booming Di Masyarakat.


Aktivitas Satu Ini Pun Sekarang Bisa Kita Lakukan Di Mana Saja Dengan Menggunakan Smartphone Android. Sebetulnya Setiap Hp Android Sudah Dibekali Dengan Aplikasi Browser Bawaan, Akan Tetapi Banyak Pengguna Yang Merasa Kurang Puas Dengan Kinerjanya. Entah Itu Lemotlah, Boros Kuota, Berat, Ataupun Banyak Iklan.



Nah Bagi Kamu Yang Mencari Browser Android Tercepat, Ringan, Hemat Kuota, Dan Bebas Iklan, Berikut Beberapa Rekomendasi Terbaik Yang Wajib Dicoba.

Aplikasi Browser Android Terbaik yang Cepat dan Banyak Fitur Menarik
1. Google Chrome
Browser Android Terbaik
Chrome Merupakan Browser Besutan Google Inc. Dengan Aplikasi Ini Kamu Tidak Hanya Bisa Menghemat Kuota Browsing Hingga 50 % Saja, Tetapi Kamu Juga Dapat Menikmati Berbagai Layanan T…

Cara Membuat Efek Foto Melingkar di Android || Tambah Wawasan

Manipulasi Foto | Cara Membuat Efek Foto Melingkar - Kali Ini Kita Akan Belajar Membuat Gambar Atau Foto Menjadi Melingkar Di Android. Saya Yakin Anda Pasti Sering Melihat Gambar Atau Foto Melingkar Di Internet Atau Tv. Yah Foto Jenis Seperti Itu Banyak Kita Jumpai Di Internet Dan Di Iklan Tv. Biasanya Foto Jenis Ini Diolah Menggunakan Sofware Photoshop Dengan Menggunakan Teknik Polar Kordinat. Trik Ini Sering Digunakan Untuk Mengilustrasikan Suatu Objek Dan Di Pakai Pembuatan Beberapa Iklan Karena Hasilnya Sangat Menarik.


Di Bawah Ini Adalah Contoh Hasil Belajar Kita.

Lalu , Bagaimana Cara Membuat Efek Foto Melingkar Di Android ?

Selain Menggunakan Sofware Photoshop Dalam Pembuatan Foto Atau Gambar Melingkar , Anda Juga Bisa Membuatnya Dengan Menggunakan Hp Android , Cara Ini Sangat Cocok Bagi Anda Yang Tidak Mengerti Tentang Cara Menggunakan Photoshop.
Membuat Gambar Atau Foto Melingkar Di Android Lebih Mudah Dibandingkan Menggunakan Photoshop , Kenapa Saya Bilang Lebih Mudah ? Karena …